PENGARUH MEDIA KARTU KATA POP UP TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KATA SISWA TUNARUNGU KELAS 1 DI SDLB NEGERI BADEAN BONDOWOSO

Authors

  • Winda Dwisukma Nurcahyanti SDLB N Badean Bondowoso

Keywords:

Tunarungu, Kartu kata pop up, kemampuan mengenal kata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu kata pop up terhadap kemampuan mengenal kata pada siswa tunarungu kelas 1 di SDLB Negeri Badean Bondowoso. Penelitian ini menggunakan metode Single Subject Research (SSR) desain A-B. Subjek penelitian ini adalah siswa dengan inisial VN.  Penelitian dilakukan dalam 12 sesi pertemuan yang dilakukan pada dua fase yaitu fase baseline (A) sebanyak 5 sesi dan fase intervensi (B) sebanyak 7 sesi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh media kartu kata pop up terhadap kemampuan mengenal kata hal ini ditunjukkan dengan data nilai yang diperoleh pada fase baseline (A) adalah 55%, 55%, 55%, 60%, dan 65%. Sedangkan pada fase baseline (B) antara lain 75%, 77.5%, 82.5%, 75%, 85%, 85% dan 87.5%. Dari dari data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Maka diketahui bahwa ada pengaruh penggunaan media kartu kata pop up terhadap kemampuan mengenal kata siswa tunarungu kelas 1 di SDLBN Badean Bondowoso

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-01-16

How to Cite

Nurcahyanti, W. D. (2019). PENGARUH MEDIA KARTU KATA POP UP TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KATA SISWA TUNARUNGU KELAS 1 DI SDLB NEGERI BADEAN BONDOWOSO. SPEED Journal : Journal of Special Education, 2(2), 59–64. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/132

Issue

Section

Articles