PENGARUH PERMAINAN ENGKLEK TERHADAP MOTORIK KASAR SISWA ADHD KELAS I DI SDLB WIRA KUSUMA

Authors

  • Evi Tri Mulyani IKIP PGRI Jember

Keywords:

ADHD, , permainan engklek, motorik kasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan engklek terhadap motorik kasar siswa ADHD kelas I SDLB Wira Kusuma Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode Single Subject Research (SSR) desain A-B. Subjek penelitian ini adalah siswa dengan inisial DS. Penelitian dilakukan dalam 11 sesi pertemuan yang dilakukan pada dua fase yaitu fase baseline (A) sebanyak 5 sesi dan fase intervensi (B) sebanyak 6 sesi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh permainan engklek terhadap motorik kasar siswa ADHD kelas I hal ini ditunjukkan dengan data nilai yang diperoleh pada fase baseline (A) adalah 55%, 60%, 65%, 65%, dan 70%. Sedangkan pada fase intervensi (B) antara lain 70%, 70%, 75%, 75%, 75%, dan 80%. Dari dari data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil dari analisis data dalam kondisi dan antar kondisi menunjukkan bahwa mean level fase baseline (A) yaitu 63 sedangkan mean level pada fase intervensi (B) yaitu 74,17, serta selisih level perubahan dari fase baseline (A) sampai awal fase intervensi (B) meningkat (+10). Jadi ada pengaruh permainan engklek terhadap motorik kasar siswa ADHD kelas I SDLB Wira Kusuma Tahun Pelajaran 2018/2019.

Downloads

Downloads

Published

2019-01-16

How to Cite

Mulyani, E. T. (2019). PENGARUH PERMAINAN ENGKLEK TERHADAP MOTORIK KASAR SISWA ADHD KELAS I DI SDLB WIRA KUSUMA. SPEED Journal : Journal of Special Education, 2(2), 49–58. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/131

Issue

Section

Articles