MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN SATU SAMPAI SEPULUH MELALUI PERMAINAN ENGKLEK BAGI ANAK TUNAGRAHITA KELAS II DI SLB ABC PGRI ROGOJAMPI TAHUN AJARAN 2015/2016

Authors

  • Ayunda Putri Indara IKIP PGRI JEMBER
  • Hanif Hadinata IKIP PGRI JEMBER

Keywords:

Mengenal Bilangan, Permainan Engklek, Anak Tunagrahita

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan satu sampai sepuluh melalui permainan tradisional engklek bagi anak tunagrahita kelas II di SLB ABC PGRI Rogojampi. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan yang digunakan deskriptif. Penelitian ini mengambil satu subjek siswa tunagrahita ringan kelas II di SLB ABC PGRI Rogojampi Banyuwangi. Pada penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus terdiri dari siklus I, dan siklus II. Siklus I dan II menggunakan rancangan penelitian Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan mengenal bilangan 1 sampai 10 saat pembelajaran matematika anak tunagrahita ringan yaitu AL pada pratindakan 37,5 dan siklus I 50  hal ini mengalami peningkatan 33,33%, sedangkan pada siklus I 50 dan siklus II 68,75 hal ini mengalami peningkatan 37,5%. Dapat disimpulkan dari hasil penelitian bahwa penggunaan permainan engklek dapat meningkatkan kemampuan belajar matematika mengenal bilangan 1 sampai 10 bagi anak tunagrahita ringan kelas II di SLB ABC PGRI Rogojampi Banyuwangi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-02-19

How to Cite

Indara, A. P., & Hadinata, H. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN SATU SAMPAI SEPULUH MELALUI PERMAINAN ENGKLEK BAGI ANAK TUNAGRAHITA KELAS II DI SLB ABC PGRI ROGOJAMPI TAHUN AJARAN 2015/2016. SPEED Journal : Journal of Special Education, 1(1), 1–6. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/13

Issue

Section

Articles