PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG SUMBER ENERGI PANAS DENGAN METODE DEMONSTRASI MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS III SDLB NEGERI PANGGUNGSARI TRENGGALEK

Authors

  • Taryono Taryono SDLBN PANGGUNGSARI TRENGGALEK

Keywords:

Belajar IPA, Demontrasi, Siswa Tunagrahita

Abstract

Upaya peningkatan hasil belajar siswa tidak lepas dari berbagai faktor yang mempengaruhi. Hal ini diperlukan guru yang kreatif dan dapat membantu pembelajaran menjadi lebih menarik dan disukai oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang sumber energi panas dengan metode demonstrasi menggunakan alat peraga pada siswa tunagrahita kelas III SDLB negeri Panggungsari Trenggalek. Subjek penelitian adalah siswa tunagrahita Kelas III SDLB Negeri Panggungsari Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017 yang siswanya berjumlah 6 anak.Berdasarkan langkah-langkah yang diterapkan dalam 2 siklus pada penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa hsil belajar IPA tentantang sumber energi siswa Tunagrahita kelas III SDLB Negeri Panggungsari Trenggalek mengalami peningkatan setelah diterapkan metode demonstrasi menggunakan alat peraga. Pada siklus I prestasi belajar siswa rata-rata : 68,3 dengan ketuntasan belajar 50 % dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,7 dengan ketuntasan belajar 100 %.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-01-16

How to Cite

Taryono, T. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG SUMBER ENERGI PANAS DENGAN METODE DEMONSTRASI MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS III SDLB NEGERI PANGGUNGSARI TRENGGALEK. SPEED Journal : Journal of Special Education, 2(2), 7–15. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/127

Issue

Section

Articles