Program Intervensi Dini Berbasis Keluarga (Family-Based) (Untuk Keluarga Yang Memiliki Anak Dengan Hambatan Motorik)
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v7i1.1239Keywords:
intervensi dini, intervensi dini berbasis keluarga, anak dengan hambatan motorik.Abstract
Keluarga merupakan sistem lingkungan yang paling dekat dengan anak. Anak-anak dengan keterlambatan perkembangan motorik membutuhkan intervensi dini. Oleh karena itu, program yang dikembangkan adalah program yang ditujukan untuk mendukung keluarga agar keluarga mampu menerapkan intervensi dini pada anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun program intervensi dini berbasis keluarga (family-based). Landasan teori yang digunakan adalah teori ekologi yang meyakini bahwa perkembangan individu dipengaruhi oleh sistem lingkungan. Penelitian menggunakan metode Research and Development dengan mengadapatasi tahapan penelitian menjadi tiga tahap yaitu studi pendahuluan, pengembangan program, dan implementasi program. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara kepada tiga keluarga sebagai subjek penelitian dan data dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif. Studi pendahuluan merupakan analisis terhadap kondisi anak dan keluarga sehingga menghasilkan temuan berupa potensi dan kebutuhan keluarga. Kategori potensi berdasarkan aspek-aspek dalam Family Functioning Style yang meliputi: komitmen, kohesi, komunikasi, kompetensi, dan koping. Hasil analisis tersebut menjadi dasar untuk merumuskan rancangan program. Desain program kemudian divalidasi melalui expert judgment. Hasil implementasi program adalah: (1) program dapat dilakukan oleh keluarga dengan latar belakang dan kebutuhan yang berbeda, (2) prioritas utama program adalah membantu keluarga pada aspek komitmen dan kompetensi yang diperlukan untuk melakukan intervensi, (3) program telah memfungsikan aspek-aspek potensial yang dimiliki keluarga dalam melakukan intervensi dini pada anak.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SPEED Journal : Journal of Special Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.