Aksesibilitas Pendidikan Tinggi Penyandang Disabilitas di Universitas PGRI Argopuro Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v7i1.1214Keywords:
Aksesibilitas, Pendidikan Tinggi, Penyandang DisabilitasAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana aksesibilitas pendidikan tinggi bagi penyandang disabilitas di Universitas PGRI Argopuro Jember. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen. Data dianalisa menggunakan model analisis interaktif melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan indikator aksesibilitas yang digunakan maka hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut : 1) Universitas PGRI Argopuro telah memiliki kebijakan pendidikan yang aksesibel bagi penyandang disabilitas; 2) Sarana prasarana fisik belum sepenuhnya aksesibel bagi semua ragam disabilitas, tapi komitmen menjadi kampus yang ramah disabilitas memunculkan program-program yang dapat membantu pemenuhan aksesibilitas; 3) Upaya-upaya yang dilakukan Pusat Studi dan Layanan Disabilitas, Program Studi Pendidikan Luar Biasa, bersama seluruh civitas akademika menciptakan pemenuhan sumber daya dan perilaku terlaksana dengan baik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SPEED Journal : Journal of Special Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.