Penggunaan Media Kain Flanel Terhadap Kemampuan Memasang Kancing Anak Hambatan Intelektual Sedang Kelas 3 di SLB C TPA Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v7i1.1196Keywords:
hambatan intelektual, bina diri, kain flannel, mengancing bajuAbstract
Perkembangan bina diri pada anak dengan hambatan intelektual merupakan hal yang penting dalam upaya mendukung kemandirian mereka. Salah satu keterampilan esensial dalam kehidupan sehari-hari adalah kemampuan mengancing baju. Penelitian ini bertujuan untuk meksplorasi penggunaan media kain flannel dalam melatih keterampilan mengancing baju pada anak dengan hambatan intelektual melalui pendekatan Single Subject Research (SSR). Media Kain Flanel dijadikan sebagai media pembelajaran karena dapat meningkatkan kemampuan dalam mengancing baju pada anak. Penggunaan media kain flannel ini dapat memberikan pengalaman sensoris yang lebih konkret dan membantu subjek memahami konsep mengancing baju dengan lebih baik.
Penelitian ini dilakukan di SLB C TPA Jember, yang merupakan lembaga pendidikan khusus yang melayani anak-anak dengan hamabtan intelektual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kain flannel dapat meningkatkan antusiasme belajar subjek dalam mengenal dan meningkatkan kemampuan bina diri mengancing baju pada anak hambatan intelektual di SLB C TPA Jember. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil evaluasi yang mengarah pada perubahan positif yaitu peningkatan kemampuan subjek dalam mengancing baju .
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SPEED Journal : Journal of Special Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.