Efektivitas Teknologi Game Sebagai Media Pembelajaran dan Edukasi Bagi Anak Tunagrahita Ringan

Authors

  • Firdaus Ridwan Sutarta PLB, Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Asri Widiatsih Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Inna Hamida Zusfindhana PLB, Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v7i1.1190

Keywords:

teknologi game,, tunagrahita, media belajar

Abstract

Teknologi berkembang sangat cepat sehingga menjadi tantangan bagi dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas teknologi game sebagai media pembelajaran dan edukasi bagi anak tunagrahita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi literatur, dengan pengumpulan sumber literatur berasal dari artikel penelitian secara online. Artikel yang berkaitan dengan efektifitas teknologi game sebagai media pembelajaran dan edukasi bagi anak tunagrahita diambil  sebanyak 24. Hasil studi literature menunjukkan ada 10 artikel dari 24 yang diambil membahas tentang game yang digunakan sebagai media alat bantu pembelajaran bagi anak tunagrahita ringan. Pembelajaran gamifikasi menunjukkan efektifitas dan menuju ke arah yang positif. Dengan demikian benang merah yang dapat ditarik pada penelitian ini adalah teknologi game efektif sebagai media pembelajaran dan edukasi bagi anak tunagrahita ringan. Hal  menunjukkan bahwa bermain game juga dapat menjadi media pembelajaran bagi anak tuna grahita.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-26

How to Cite

Sutarta, F. R. ., Widiatsih, A. ., & Zusfindhana, I. H. (2023). Efektivitas Teknologi Game Sebagai Media Pembelajaran dan Edukasi Bagi Anak Tunagrahita Ringan. SPEED Journal : Journal of Special Education, 7(1), 26–41. https://doi.org/10.31537/speed.v7i1.1190