Evaluasi Program Pembelajaran Membaca Permulaan Tulisan Braille Pada Siswa Tunanetra di SLB A Ypab Surabaya Menggunakan Model Countenance Stake
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v7i1.1189Keywords:
Evaluasi, Countenance Stak, Membaca Permulaan, tunanetraAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kesesuaian antara pelaksanaan program pembelajaran membaca permulaan tulisan braille dengan standar proses pendidikan Permendikbudristek No 16 Tahun 2022 secara menyeluruh, yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, serta penilaian hasil belajar dan tindak lanjut hasil penilaian membaca permulaan tulisan Braille siswa tunanetra kelas 1 SD di SLB A YPAB Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model Countenace Stake. Pengumpulan data menggunakan teknik, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut: (1) Aktualitas ketercapaian pada komponen rencana pelaksanaan yang dibuat guru sebanyak 80%, dengan kategori baik, (2) Aktualitas ketercapaian pelaksanaan pembelajaran adalah 65% kategori baik. dan (3) Aktualitas ketercapaian hasil belajar adalah 60% kategori cukup.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SPEED Journal : Journal of Special Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.