Evaluasi Program Pembelajaran Membaca Permulaan Tulisan Braille Pada Siswa Tunanetra di SLB A Ypab Surabaya Menggunakan Model Countenance Stake

Authors

  • Lutfi Isni Badiah Pendidikan Khusus, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Bachtiar Sjaiful S3 Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Irena Yolanita Maureen S3 Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v7i1.1189

Keywords:

Evaluasi, Countenance Stak, Membaca Permulaan, tunanetra

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kesesuaian antara pelaksanaan program pembelajaran membaca permulaan tulisan braille dengan standar proses pendidikan Permendikbudristek No 16 Tahun 2022 secara menyeluruh, yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, serta penilaian hasil belajar dan tindak lanjut hasil penilaian membaca permulaan tulisan Braille siswa tunanetra kelas 1 SD di SLB A YPAB Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model Countenace Stake. Pengumpulan data menggunakan teknik, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut: (1) Aktualitas ketercapaian pada komponen rencana pelaksanaan yang dibuat guru sebanyak 80%, dengan kategori baik, (2) Aktualitas ketercapaian pelaksanaan pembelajaran adalah 65% kategori baik. dan (3) Aktualitas ketercapaian hasil belajar adalah 60% kategori cukup.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-26

How to Cite

Badiah, L. I., Bachri, . B. S. ., & Maureen, I. Y. . (2023). Evaluasi Program Pembelajaran Membaca Permulaan Tulisan Braille Pada Siswa Tunanetra di SLB A Ypab Surabaya Menggunakan Model Countenance Stake. SPEED Journal : Journal of Special Education, 7(1), 16–25. https://doi.org/10.31537/speed.v7i1.1189