PENGARUH MEDIA ORIGAMI TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HEWAN PADA ANAK AUTIS DI SLB-B DAN AUTIS TPA JEMBER

Authors

  • Farah Laila Hurriyah SLB ABC Balung

Keywords:

edia Origami Tiga Dimensi, Kemampuan Mengenal Hewan, Autis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media origami tiga dimensi terhadap kemampuan mengenal hewan pada anak autis di SLB-B dan AUTIS TPA Jember Tahun
Ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan adalah single subject research (SRR) dengan desain A-B, dimana (A) merupakan fase baseline dan (B) merupakan fase treatment/intervensi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal 5 hewan ini ditunjukkan dengan data persentase nilai pada fase baseline (A) antara lain 0%, 20%, 20%, 20%, dan 40%, sedangkan pada fase intervensi (B) antara lain 60%, 60%, 80%, 80%, dan 80%. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi, maka dapat dibuktikan bahwa penggunaan media origami tiga dimensi berpengaruh terhadap kemampuan mengenal hewan anak autis di SLBB dan AUTIS TPA Jember .

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-09-28

How to Cite

Hurriyah, F. L. (2018). PENGARUH MEDIA ORIGAMI TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HEWAN PADA ANAK AUTIS DI SLB-B DAN AUTIS TPA JEMBER. SPEED Journal : Journal of Special Education, 2(1), 83–93. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/106

Issue

Section

Articles