PENGARUH PENGGUNAAN METODE PECS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK AUTIS DI YAYASAN NANDA DELISHA RUMAH ABK KABUPATEN BONDOWOSO
Keywords:
Metode PECS, komunikas, Anak AutisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengaruh penggunaan metode PECS terhadap kemampuan komunikasi anak autis Di Yayasan Nanda Deelisha Rumah ABK
Kabupaten Bondowoso. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Single Subject Research (SSR) dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah A (Baseline) – B
(Perlakuan). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pencatatan latensi, dokumentasi dan tes unjuk kerja kemampuan komunikasi saat waktu makan siang dan minum, Keefektifan metode PECS ditunjukkan dengan skor tes yang meningkat dari kondisi baseline ke intervensi. Kemampuan anak dilihat dari anak mampu merespon dan mengambil gambar PECS selama sepuluh detik atau kurang dari itu dan mampu menaruh gammbar di tangan trapis. Metode ini dilakukan dengan menerapkan satu dari enam fase metode PECS yaitu dengan mengarahkan anak akan mengambil kartu makanan dan minuman di waktu makan siang,kemudian menggapai kearah “mitra komunikasi” MK, dan melepaskan kartu ketangan MK. Pada kondisi baseline, skor tes kemampuan unjuk kerja kemampuan komunikasi pada waktu makan siang dan minum yaitu 40% dan pada kondisi intervensi 40% sehingga rerata meningkat 100%. Data tersebut didukung dengan persentase overlap 0% yang menunjukkan bahwa metode ini efektif terhadap kemampuan komunikasi pada waktu makan siang dan minum untuk melatih kemempuan komunikasi tahap awal. Maka kesimpulan dalam penelitian ini adalah Metode PECS ini sangat berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi anak autis Di Yayasan Nanda Delisha Rumah ABK Kabupaten Bondowoso.