MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR METAMORFOSIS KUPUKUPU PADA ANAK TUNARUNGU MELALUI BUKU PLASTISIN DI SLB-B DAN AUTIS TPA JEMBER

Authors

  • Ade Sonia Oktabela SLB-B dan Autis TPA Jember

Keywords:

Tunarungu, Media Buku Plastisin, Kemampuan Belajar Metamorfosis Kupukupu.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan kognitif anak tunarungu yang dipengaruhi oleh perkembangan bicara dan bahasa sehingga cenderung mengalami keterbatasan memperoleh informasi. Diperlukan media pembelajaran untuk memudahkan anak tunarungu dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru terutama dalam pelajaran yang bersifat abstrak, misalnya pelajaran ilmu pengetahuan alam. Salah satu alternatif yang digunakan yaitu buku plastisin. Buku plastisin adalah buku yang di dalamnya berisikan materi pelajaran metamorfosis kupu-kupu yang terbuat dari plastisin. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidak ada peningkatan kemampuan belajar metamorfosis kupukupu pada anak tunarungu melalui buku plastisin di SLB-B dan AUTIS TPA Jember Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa SLB-B Bintoro kelas VIII dengan jumlah 3 siswa laki-laki, yaitu BG, dan ZN. Hasil nilai yang diperoleh dari  siklus I sampai siklus III yang bertujuan untuk mengulang materi dan  memantapkan hasil peningkatan  belajar pada setiap siklus diketahui  bahwa kemampuan belajar  metamorfosis kupu-kupu melalui buku  plastisin pada anak tunarungu di SLB-B dan AUTIS TPA Jember tahun ajaran  2017/2018 mengalami peningkatan.  Hal ini terlihat dari peningkatan nilai  yang diperoleh anak tunarungu. BG  pada prasiklus mendapatkan persentase  58 nilai sebesar 65%, pada siklus I  mendapatkan persentase nilai 72%,  pada siklus II mendapatkan persentase  nilai 85%, dan pada siklus III  mendapatkan persentase nilai 96%. ZN  pada prasiklus mendapatkan persentase  nilai sebesar 60%, pada siklus I  mendapatkan persentase nilai 74%,  pada siklus II mendapatkan persentase  nilai 81%, dan pada siklus III  mendapatkan persentase nilai 92%, sedangkan ZI pada prasiklus  mendapatkan persentase nilai sebesar  58%, pada siklus I mendapatkan  persentase nilai 77%, pada siklus II mendapatkan persentase nilai 78%, dan  pada siklus III mendapatkan persentase  nilai 85%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-09-28

How to Cite

Oktabela, A. S. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR METAMORFOSIS KUPUKUPU PADA ANAK TUNARUNGU MELALUI BUKU PLASTISIN DI SLB-B DAN AUTIS TPA JEMBER. SPEED Journal : Journal of Special Education, 2(1), 49–60. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/103

Issue

Section

Articles