Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning ( Jigsaw) pada Siswa Kelas VIII di Mts Al-Islah

Authors

  • Ridwan Fatoni Universitas PGRI Argopuro (UNIPAR) Jember
  • Endra Priawasana Universitas PGRI Argopuro (UNIPAR) Jember
  • Ismul Mauludin Al Habib Universitas PGRI Argopuro (UNIPAR) Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/biocons.v2i1.330

Keywords:

Hasil Belajar, Jigsaw, Pembelajaran Kooperatif

Abstract

 

Hasil belajar Biologi siswa MTs Al-Islah Mayang masih rendah. Implementasi tipe pembelajaran, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dilakukan untuk mengetahui efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTS Al-Islah Mayang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Berdasarkan hasil penelitian, pemahaman materi siswa pada pra-siklus rendah (23,80%) dan meningkat pada siklus I menjadi 71,42% dengan kriteria baik. Hasil Penelitian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-30