Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Argumentasi Peserta Didik pada Materi Ekologi di SMP IT Ad Durrah Medan

Authors

  • Laila Thursina Zahra Universitas Negeri Medan
  • Amrizal Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31537/biocons.v7i1.2288

Keywords:

Ekologi, Kemampuan Argumentasi, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap peningkatan kemampuan argumentasi peserta didik beserta peningkatan kemampuan argumentasi peserta didik setelah diajarkan menggunakan model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian two group pre test-pos test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP IT Ad Durrah Medan yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian diambil secara random sampling terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dan kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model konvensional. Penelitian ini menggunakan instrumen tes uraian yang terdiri dari 3 soal yang telah divalidasi. Data yang diperoleh hasil penelitian ini dianalisis dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat diambil kesimpulan yaitu: 1). Terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model Problem Based Learning terhadap kemampuan argumentasi peserta didik pada materi ekologi di kelas VII SMP IT Ad Durrah Medan; 2). Terdapat peningkatan yang signifikan dari penerapan model Problem Based Learning terhadap kemampuan argumentasi peserta didik di kelas VII SMP IT Ad Durrah Medan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-30