Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Virus Kelas X SMA Negeri I Percut Sei Tuan

Authors

  • Tetris Natalia Banjarnahor Universitas Negeri Medan
  • Aryeni Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31537/biocons.v7i1.2239

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Model Problem Based Learning (PBL) merupakan model yang menghadapkan siswa pada masalah dunia nyata dan melatih siswa berpikir kritis dalam mencari alternatif penyelesaiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap hasil belajar siswa pada materi virus kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model PBL terhadap hasil belajar siswa dengan terjadinya peningkatan nilai posttest lebih tinggi di kelas eksperimen dibanding kelas kontrol yaitu 71,14 > 59,86. Hal ini dibuktikan dari hasil t-test yang menunjukkan 0,001 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian model PBL dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-30