Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bumi dan Tata Surya Kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.31537/biocons.v7i1.2199Keywords:
Bumi dan Tata Surya, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Video AnimasiAbstract
Pembelajaran di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan masih menggunakan pembelajaran konvensional (teaching centered) sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media video animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi bumi dan tata surya kelas VII. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) menggunakan desain Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Sampel yang digunakan diambil secara purposive sampling sebanyak 60 siswa dengan kelas VII-9 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan model PBL dan kelas VII-8 sebagai kelas kontrol diajar dengan model pembelajaran konvensional (direct instruction). Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes pilihan berganda untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Data diolah secara deskriptif dengan IBM SPSS statistic 26 for windows. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 sehingga sig. (2-tailed) < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media video animasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi bumi dan tata surya kelas VII.