Pengaruh Model Project Based Learning dalam Pembuatan Model 3D terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kelas Xi MIPA di SMAN 1 Nggaha Ori Angu

Authors

  • Sudarsono Poli Wali Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Ervy Melany Lalu Panda Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Vidriana Oktoviana Bano Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

DOI:

https://doi.org/10.31537/biocons.v5i2.1424

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning dalam pembuatan model 3D terhadap hasil belajarsiswa pada kelas XI MIPA di SMAN 1 Nggaha Ori Angu. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen, sedangkan desain penelitiannya menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Pada penelitian ini sampel diambilse banyak 60 siswa dengan menggunakan teknik Purposive Sampling dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang menggunakan tesberupa tes objektif bentuk pilihan ganda. Data tes yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistic deskriptif dan statistic inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis deskriptif, diperoleh data rata-rata nilai posttest kelaseksperimenadalah 70,43 dan kelas control adalah 46,96. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t pada ???? = 0,05 diperoleh nilaiprobabilitas 0,000 kesimpulan yang didapatadalah H0ditolakatau terdapat pengaruh Project Based Learning(PjBL) terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-28