Pengaruh Model Project Based Learning dalam Pembuatan Model 3D terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kelas Xi MIPA di SMAN 1 Nggaha Ori Angu
DOI:
https://doi.org/10.31537/biocons.v5i2.1424Keywords:
Hasil Belajar Siswa , Model Project Based Learning, Model 3D.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning dalam pembuatan model 3D terhadap hasil belajar siswa pada kelas XI MIPA di SMAN 1 Nggaha Ori Angu. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen, sedangkan desain penelitiannya menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Pada penelitian ini sampel diambil sebanyak 60 siswa dengan menggunakan teknik Purposive Sampling dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang menggunakan tes berupa tes objektif bentuk pilihan ganda. Data tes yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistic deskriptif dan statistic inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis deskriptif, diperoleh data rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 70,43 dan kelas kontrol adalah 46,96. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t pada ???? = 0,05 diperoleh nilai probabilitas 0,000. Kesimpulan yang didapat adalah H0 ditolak atau terdapat pengaruh Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa.