Pengaruh Media Aplikasi Peta Jelajah Identifikasi Tumbuhan pada Materi Tumbuhan Paku dan Tumbuhan Lumut terhadap Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31537/biocons.v5i1.1204Keywords:
Aplikasi Peta Je;ajah, Hasil Belajar, Identifikasi TumbuhanAbstract
Hasil observasi pada penelitian ini menunjukkan pembelajaran di dalam kelas masih menggunakan metode konvensional dengan media pembelajaran berupa buku LKS. Namun, penerapan media tersebut kurang maksimal dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media aplikasi peta jelajah identifikasi tumbuhan pada materi tumbuhan paku dan lumut terhadap hasil belajar siswa kelas X di MA Ma’arif Ambulu tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimental design dengan responden sebanyak dua kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga peneliti mengambil kelas X IPA 1 yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dengan metode tes dan analisis data menggunakan uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh media aplikasi peta jelajah identifikasi tumbuhan terhadap hasil belajar siswa kelas X di MA Ma’arif Ambulu yang ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis dinyatakan diterima dan nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu kelas eksperimen sebesar 49,8 lebih tinggi dari kelas kontrol. Penerapan media aplikasi peta jelajah identifikasi tumbuhan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X di MA Ma’arif Ambulu. Hal itu terbukti dari hasil analisis data menggunakan uji Mann Whitney, dimana diperoleh nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan bahwa hipotesis diterima.