Studi Komparatif Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Pencernaan dengan Uji Kruskal-Wallis
DOI:
https://doi.org/10.31537/biocons.v5i1.1158Keywords:
Hasil Belajar, Kruskal-Wallis, Sistem PencernaanAbstract
Pembelajaran IPA dikatakan berhasil apabila tujuan pembelajaran yang telah ditentukan dapat terpenuhi, hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar yang baik. Hasil belajar dapat dipahami sebagai hasil dari proses belajar mengajar yang digunakan untuk menentukan berhasil atau tidaknya suatu program pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan capaian hasil belajar siswa kelas VIII pada materi sistem pencernaan. Guru dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai masukan untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Penelitian ini termasuk penelitian komparatif dengan membandingkan rerata hasil belajar siswa kelas VIII pada materi sistem pencernaan. Analisis data yang digunakan adalah uji Kruskal-Wallis dengan pertimbangan bahwa data yang dianalisis tidak berdistribusi normal, berasal dari >2 kelompok data dan data tidak berpasangan. Berdasarkan hasil uji Kruskal-Wallis yang telah dilakukan diketahui nilai Asymp. Sig 0.858 > 0.05 maka H0 diterima, artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas VIII-B, VIII-C, VIII-D, VIII-F, VIII-G, VIII-H, dan VIII-J pada materi sistem pencernaan.