Pengaruh Self -Regulated Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX Madrasah Tsanawiyah
DOI:
https://doi.org/10.31537/biocons.v5i1.1088Keywords:
Hasil Belajar, IPA, Self-Regulated LearningAbstract
Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Self-Regulated Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IX di salah satu Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Kediri. Sampel penelitian ini berjumlah 33 siswa kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Kediri tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner Self-Regulated Learning serta hasil belajar IPA. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan statistic deskriptif dan statistic inferensial dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Self -Regulated Learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah dengan pengaruh sebesar 68,9%.