EKSPLORASI JENIS KURIKULUM PENDIDIKAN BERDASARKAN LITERASI MATEMATIKA PELAJAR INDONESIA MELALUI ANALISIS CLUSTER

Authors

  • Retno Mayapada Universitas Sulawesi Barat
  • Putri Indi Rahayu Universitas Sulawesi Barat
  • Nurul Azizah Muzakir Universitas Sulawesi Barat

DOI:

https://doi.org/10.31537/estimator.v2i2.2140

Keywords:

Analisis cluster, Average linkage, Kurikulum pendidikan, Literasi matematika

Abstract

Literasi matematika merupakan kemampuan seseorang untuk merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks. Penurunan skor literasi matematika pada studi Programme for International Student Assessment (PISA) tahun 2022 menegaskan perlunya eksplorasi peran kurikulum pendidikan dalam membentuk kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan jenis kurikulum pendidikan berdasarkan kemampuan literasi matematika pelajar Indonesia yang diukur melalui nilai PISA menggunakan metode analisis clustering. Analisis clustering dilakukan dengan metode average linkage, Ward’s method, centroid, dan McQuitty. Berdasarkan nilai koefisien korelasi Cophenetic, metode average linkage dipilih sebagai metode terbaik. Hasilnya, cluster pertama terdiri dari KBK dan Kurikulum Merdeka dengan rata-rata nilai PISA matematika sebesar 363. Cluster kedua terdiri dari KTSP 2009, KTSP 2012, dan Revisi K-13 dengan rata-rata nilai PISA matematika sebesar 375. Cluster ketiga terdiri dari KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 dengan rata-rata nilai PISA matematika sebesar 383. Hal ini menunjukkan bahwa KBK dan Kurikulum Merdeka memiliki karakteristik yang sama pada nilai PISA matematika siswa dan diantara ketiga cluster kurikulum yang diperoleh, cluster dari kedua kurikulum ini memiliki nilai PISA matematika terendah. Temuan ini dapat menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah dalam merumuskan kurikulum pendidikan yang lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika pelajar di Indonesia.

References

A. H. Fathani, "Pengembangan Literasi Matematika Sekolah Dalam Perspektif Multiple Intelligences," EduSains, vol. 4, no. 2, hal. 136–150, 2016.

N. T. Anwar, "Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21," PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, vol. 1, hal. 364–370, 2018.

R. Masfufah dan E. A. Afriansyah, "Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA," Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 10, no. 2, hal. 291–300, 2021.

Kemdikbud, "Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan," Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 6 Des. 2016. [Online]. Tersedia: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan.

L. Darling-Hammond, L. Flook, C. Cook-Harvey, B. Barron, dan D. Osher, "Implications for educational practice of the science of learning and development," Applied Developmental Science, vol. 24, no. 2, hal. 97–140, 2020, https://doi.org/10.1080/10888691.2018.1537791.

H. Khotimah, "Perkembangan Literasi Matematika di Indonesia," Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Mulawarman, 2021.

I. Wahyuni dan S. P. Wulandari, "Pemetaan Kabupaten/Kota di Jawa Timur Berdasarkan Indikator Kesejahteraan Rakyat Menggunakan Analisis Cluster Hierarki," Jurnal Sains dan Seni ITS, vol. 11, no. 1, hal. D70–D75, 2022, https://doi.org/10.12962/j23373520.v11i1.63092.

H. Prastyo, "Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS," Jurnal Padegogik, vol. 3, no. 2, hal. 111–117, 2020, https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2367.

R. Dermawan dan M. R. Yudhanegara, "Analisis Cluster Untuk Hubungan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Relasi Dan Fungsi Menggunakan Metode K-Means," Prosiding Sesiomadika, vol. 5, no. 4, hal. 598–609, 2024.

F. Febrinita, W. Puspitasari, dan W. Zaman, "Klasterisasi Hasil Belajar Matematika dengan Algoritma K-Means Clustering," Generation Journal, vol. 7, no. 2, hal. 116–125, 2023, https://doi.org/10.29407/gj.v7i2.20359.

Kemdikbud, "Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah," 2018.

BSNP, "Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah," Jakarta: Balitbang Depdiknas, 2006.

A. Alhamuddin, "Sejarah Kurikulum di Indonesia (Studi Analisis Kebijakan Pengembangan Kurikulum)," Nur El-Islam, vol. 1, no. 2, hal. 48–58, 2014.

M. Sa’diah, D. N. Putri, P. M. Hasanah, dan A. K. Purnomo, "Analisis Perubahan K13 ke Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Proses Belajar Siswa di SDN Lidah Wetan II," J. AlSys Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, vol. 3, no. 6, hal. 698–708, Nov. 2023.

A. Pratycia, A. D. Putra, A. G. M. Salsabila, F. I. Adha, dan A. Fuadin, "Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka," J. Pendidikan Sains dan Komputer, vol. 3, no. 1, hal. 1–10, Feb. 2023.

Puslitjakdikbud,"Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa Indonesia Berdasarkan Analisis Data PISA 2018," Jakarta: Puslitjakdikbud, 2021.

D. A. Pratiwi, T. D. Trapsilasiwi, E. Oktavianingtyas, S. Sunardi, dan R. P. Murtikusuma, "Level Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change and Relationship berdasarkan Gaya Kognitif," Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Kadikma, vol. 10, no. 3, hal. 1–14, 2019.

M. Paramadina, S. Sudarmin, dan M. K. Aidi, "Perbandingan Analisis Cluster Metode Average Linkage dan Metode Ward (Kasus: IPM Provinsi Sulawesi Selatan)," Variansi Journal of Statistics and Its Application on Teaching and Research, vol. 1, no. 2, hal. 22–31, 2019.

R. Silvi, "Analisis Cluster dengan Data Outlier menggunakan Centroid Linkage dan K-Means Clustering untuk Pengelompokkan Indikator HIV/AIDS di Indonesia," Jurnal Matematika, Mantik, vol. 4, no. 1, hal. 22–31, 2018.

M. Megawati, N. N. Alwani, A. Fitrianto, E. Erfiani, dan A. Nugraha, "Agglomerative Nesting Cluster Analyst in Mapping District/City Health Facilities in West Java Province," Jurnal Matematika Sains dan Komputasi, vol. 20, no. 3, hal. 484–496, 2024.

A. F. Dewi dan K. Ahadiyah, "Agglomerative Hierarcy Clustering pada Penentuan Kelompok Kabupaten/Kota di Jawa Timur berdasarkan Indikator Pendidikan," Zeta Math Journal, vol. 7, no. 2, hal. 57–63, 2022.

A. T. R. Dani, "Penerapan Hierarchical Clustering Metode Agglomerative pada Data Runtun Waktu," Jambura Journal of Mathematics, vol. 1, no. 2, hal. 64–78, 2019.

N. A. Raja, G. M. Tinungki, dan N. Sirajang, "Implementasi Algoritma Centroid Linkage dan K-Medoids dalam Mengelompokkan Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan berdasarkan Indikator Pendidikan," Estimasi Journal of Statistics and Its Application, vol. 5, no. 1, hal. 61–74, 2024.

K. H. Izzuddin dan A. W. Wijayanto, "Pemodelan Clustering Ward, K-Means, DIANA, dan PAM dengan PCA untuk Karakterisasi Kemiskinan Indonesia Tahun 2021," Komputika Jurnal Sistem Komputer, vol. 13, no. 1, hal. 41–53, 2024.

I. Iis, I. Yahya, G. N. A. Wibawa, B. Baharuddin, R. Ruslan, dan L. Laome, "Penggunaan Korelasi Cophenetic untuk Pemilihan Metode Cluster Berhierarki pada Mengelompokkan Kabupaten/Kota berdasarkan Jenis Penyakit di Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2020," Prosiding Seminar Nasional Sains dan Terapan, 2022.

N. A. Maori dan E. Evanita, "Metode Elbow dalam Optimasi Jumlah Cluster pada K-means Clustering," Jurnal Simetris, vol. 14, no. 2, hal. 277–287, 2023.

Downloads

Published

2025-01-18

How to Cite

Mayapada, R., Rahayu, P. I., & Muzakir, N. A. (2025). EKSPLORASI JENIS KURIKULUM PENDIDIKAN BERDASARKAN LITERASI MATEMATIKA PELAJAR INDONESIA MELALUI ANALISIS CLUSTER. ESTIMATOR : Journal of Applied Statistics, Mathematics, and Data Science, 2(2), 30–43. https://doi.org/10.31537/estimator.v2i2.2140

Issue

Section

Articles