Improving Degree of Comparison Learning Outcomes with Think Pair Share

Isi Artikel Utama

Sarwitri

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris pada materi Degree Of Comparison siswa kelas pada siswa kelas X APHP 3 di SMK N 1 Cangkringan. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X APHP 3 di SMKN 1 Cangkringan yang berjumlah 34 siswa. Prosedur penelitian ini terbagi menjadi dua siklus, masing- masing sikus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket, observasi, dokumentasi dan test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakakan peneliti sebanyak dua siklus, didapatkan hasil bahwa Terdapat peningkatan prestasi belajar bahasa Inggris materi degree of comparation  pada siswa kelas X APHP 3 di SMK Negeri 1 Cangkringan sebesar 88%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sarwitri. (2023). Improving Degree of Comparison Learning Outcomes with Think Pair Share. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(1), 67–72. https://doi.org/10.31537/ej.v7i1.977
Bagian
Articles

Referensi

Annury, M. N. (2019). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, 18(2), 177-194.

Gulo, A. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ekosistem. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 307-313.

Indonesia, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Majid, Abdul. (2014). StrategiPembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Munawaroh, M., & Alamuddin, A. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Pokok Bahasan Relasi Dan Fungsi. EduMa, 3(2), 163-173.

Pendidikan, K. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2018 tentang Standar Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan media pembelajaran fisika menggunakan modul cetak dan modul elektronik pada siswa SMA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 17-25.

Praditya, C. R. P., & Haryana, K. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Di Smk Negeri 1 Magelang. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 3(1), 25-32.

Subandrio, W. U. (2022). Perbandingan Kurikulum 2013 dan KTSP dalam Mata Pelajaran Seni Budaya untuk Tingkat SMA. Journal on Teacher Education, 4(2), 438-446.

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01).

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yuliana, N. (2014). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pairs Checks Dengan Metode Peer Tutoring Pada Siswa Kelas XI IPS 5 SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun 2014.