Analisis Validitas Isi Butir Soal Penilaian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 4 Jember
Isi Artikel Utama
Abstrak
Analisis pembelajaran merupakan sebuah proses yang penting dilakukan oleh guru untuk mengetahui perkembangan peserta didik. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengetahui perkembangan peserta didik adalah dengan memberikan serangkaian tes. SMA Negeri 4 Jember menggunakan soal buatan guru berjenis pilihan ganda pada Penilaian Akhir Semester (PAS). Soal yang diberikan guru harus memenuhi syarat soal yang baik yaitu salah satunya adalah valid. Soal yang valid akan dapat memberikan informasi sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas isi pada soal yang dibuat oleh guru mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Jember. Metode yang digunakan merupakan statistik deskriptif. Hasil yang didapatkan yaitu dari 30 butir soal dinyatakan valid. Namun masih ada beberapa soal yang masih belum sesuai dengan kaidah penulisan soal pilihan ganda yang terdapat kartu telaah sehingga soal masih harus diperbaiki
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Amirono dan Daryanto. (2016). Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media
Arikunto, Suharsimi. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 3). Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas, (2003). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Harlinda, S. (2016). Penyuluhan dan Pelatihan Pendidikan Tentang Pembuatan Kisi-Kisi Soal Untuk Guru di Yayasan Perguruan Republik Waalidain Semplak Bogor.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Nomor 69 Tahun (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. 11 Juni 2013. Jakarta.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Kegiatan Belajar 4: Menelaah Tes Hasil Belajar. Soemantri, Numan. (2013). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT Rosdakarya.
Kurniawati, K. (2021). Analisis validitas isi instrumen tes berpikir kritis IPS kelas V SD Kota Yogyakarta. Pelita: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 21(1), 130-140.
Maryance, Martasari. (2014). Analisis Validitas Butir Soal Try Out Bentuk Objektif Pada Mata Pelajaran Akuntasi Kelas XII Jurusan Akuntansi SMK Kartini Jember Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Jember: Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Masdianah, M. (2020). Tantangan Profesionalisme Guru Ekonomi Dalam Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas/Sederajat di Era Revolusi Industri 4.0. JEKPEND: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 3(1), 77-82.
Muluki, A. (2020). Analisis kualitas butir tes semester ganjil mata pelajaran IPA Kelas IV MI Radhiatul Adawiyah. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 86-96.
Nurtanto, M. (2016). Mengembangkan kompetensi profesionalisme guru dalam menyiapkan pembelajaran yang bermutu. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan (pp. 553-565).
Rakhman, F. (2022). Workshop Penyusunan Kisi Dan Soal MA Wali Songo Situbondo. Joong-Ki: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 22-28.
Siyoto, S dan M., A.Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Sleman : Literasi Media Publishing.
Susetyo, Budi. (2015). Prosedur Penyusunan dan Analisis Tes untuk Penilaian Hasil Belajar Bidang Kognitif. Bandung: PT Refika Aditama.
Suseno, M. N. M. (2014). Pengembangan pengujian validitas isi dan validitas konstrak: Interpretasi hasil pengujian validitas.
S.N Indrawati. (2015). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Dan Keuangan Kelas X Akuntasi Di SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Akuntasi Jurusan Pendidikan Akuntasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Utomo, B. (2022). Analisis validitas isi butir soal sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas pembelajaran di madrasah berbasis nilai-nilai islam. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2).
Waty, E. R. K. (2017). Menelaah Kualitas Soal Ujian Sekolah Buatan Guru Pada Pencapaian Kelulusan Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 4(2), 11-17.
https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/665142/mod_resource/content/1/Materi%20P-14%20Bagian%204.pdf (diakses pada tanggal 28 Juli 2023)