Analisis Validitas Isi Butir Soal Penilaian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 4 Jember

Main Article Content

Annisa Dini Arinda
Sri Kantun
Dwi Herlindawati
Erva Vera Dinata

Abstract

Learning analysis is an important process carried out by teachers to determine student development. One way that can be used to determine student progress is by giving a series of tests. SMA Negeri 4 Jember uses teacher-made multiple choice questions in the Final Semester Assessment (PAS). The questions given by the teacher must meet the requirements for good questions, namely that one of them is valid. Valid questions will be able to provide information according to the actual situation. The aim of this research was to determine the content validity of the questions created by the economics subject teacher for class XI IPS at SMA Negeri 4 Jember. The method used is descriptive statistics. The results obtained from 30 questions were declared valid. However, there are still some questions that do not comply with the rules for writing multiple choice questions on review cards, so the questions still need to be corrected.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Arinda, A. D. ., Kantun, S. ., Herlindawati, D., & Vera Dinata, E. (2024). Analisis Validitas Isi Butir Soal Penilaian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 4 Jember. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.31537/ej.v8i1.1418
Section
Articles

References

Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Amirono dan Daryanto. (2016). Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media

Arikunto, Suharsimi. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 3). Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas, (2003). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Harlinda, S. (2016). Penyuluhan dan Pelatihan Pendidikan Tentang Pembuatan Kisi-Kisi Soal Untuk Guru di Yayasan Perguruan Republik Waalidain Semplak Bogor.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Nomor 69 Tahun (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. 11 Juni 2013. Jakarta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Kegiatan Belajar 4: Menelaah Tes Hasil Belajar. Soemantri, Numan. (2013). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT Rosdakarya.

Kurniawati, K. (2021). Analisis validitas isi instrumen tes berpikir kritis IPS kelas V SD Kota Yogyakarta. Pelita: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 21(1), 130-140.

Maryance, Martasari. (2014). Analisis Validitas Butir Soal Try Out Bentuk Objektif Pada Mata Pelajaran Akuntasi Kelas XII Jurusan Akuntansi SMK Kartini Jember Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Jember: Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.

Masdianah, M. (2020). Tantangan Profesionalisme Guru Ekonomi Dalam Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas/Sederajat di Era Revolusi Industri 4.0. JEKPEND: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 3(1), 77-82.

Muluki, A. (2020). Analisis kualitas butir tes semester ganjil mata pelajaran IPA Kelas IV MI Radhiatul Adawiyah. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 86-96.

Nurtanto, M. (2016). Mengembangkan kompetensi profesionalisme guru dalam menyiapkan pembelajaran yang bermutu. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan (pp. 553-565).

Rakhman, F. (2022). Workshop Penyusunan Kisi Dan Soal MA Wali Songo Situbondo. Joong-Ki: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 22-28.

Siyoto, S dan M., A.Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Sleman : Literasi Media Publishing.

Susetyo, Budi. (2015). Prosedur Penyusunan dan Analisis Tes untuk Penilaian Hasil Belajar Bidang Kognitif. Bandung: PT Refika Aditama.

Suseno, M. N. M. (2014). Pengembangan pengujian validitas isi dan validitas konstrak: Interpretasi hasil pengujian validitas.

S.N Indrawati. (2015). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Dan Keuangan Kelas X Akuntasi Di SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Akuntasi Jurusan Pendidikan Akuntasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Utomo, B. (2022). Analisis validitas isi butir soal sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas pembelajaran di madrasah berbasis nilai-nilai islam. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2).

Waty, E. R. K. (2017). Menelaah Kualitas Soal Ujian Sekolah Buatan Guru Pada Pencapaian Kelulusan Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 4(2), 11-17.

https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/665142/mod_resource/content/1/Materi%20P-14%20Bagian%204.pdf (diakses pada tanggal 28 Juli 2023)