Pengaruh Minat Baca Dan Ketersediaan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana minat baca siswa mempengaruhi hasil belajar. Dalam penelitian ini, metodologi kuantitatif dipadukan dengan metode review. Sebanyak 197 siswa SMA berpartisipasi dalam penelitian ini. Kuesioner dengan skala Likert digunakan untuk mengumpulkan data. Pemeriksaan backslide fundamental digunakan dalam prosedur pemeriksaan berpendidikan. Diketahui bahwa minat baca siswa kelas XII MAN 1 Medan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Menurut penilaian yang diberikan responden, penanganan informasi menunjukkan minat belajar siswa mencapai 43,66 persen pada kelas dengan aturan sedang dan 62,95 persen pada kelas besar. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa koefisien regresi X dan Y yang diuji signifikan karena t hitung (7,734) lebih besar dari sig (0,000). Akibatnya, penemuan penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara hasil belajar dan minat pemahaman. Dihitung dengan menggunakan persentase hasil belajar yang dicapai siswa kelas XII IPA MAN 1 MEDAN.
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
Ahmad Harjasujana, dkk. (2008), Materi Pokok Membaca. Jakarta: Universitas Terbuka.
Ahmadi, Abu dan Supriyono, Widodo. 2004. Psikologi Belajar (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80.
Bunyamin, Pengaruh Minat Baca terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (studi Kasus pada SMP Negeri 13 Jakarta), Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3 Nomor 2, September 2013, hal. 94.
Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar
Darmono, (2007), Perpustakaan Sekolah Pendekatan Aspek Manajemen dan Tata Kerja, Jakarta:Grasindo.
Doman, G. (2010). Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar Dengan Metode Glenn Doman Berbasis Multimedia. Jurnal Penelitian Pendidikan Unnes, 27(1),
Maharani, O. D., Laksono, K., & Sukartiningsih, W. (2017). Minat Baca Anak-anak di Kampoeng Baca Kabupaten Jember. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(1), 320–328
Nuryanti, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelaksanaan Gerakan Literasi dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Berbicara Siswa SD Negeri Segugus Taman, Kota Madiun. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2), 105.
Parmadani, T. S., & Latifah, L. (2016). Pengaruh Minat Baca, Sumber Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi. Economics Education Analysis Journal, 4(2),
Tarigan, N. T. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 2(2), 2597–9515
Zubaidah, S., Corebima, A. D., Mahanal, S., & Mistianah. (2018). Revealing the relationship between reading interest and critical thinking skills through remap GI and remap jigsaw. International Journal of Instruction, 11(2), 41–56.