Pengaruh Minat Baca Dan Ketersediaan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar

Main Article Content

Alya Firmazelin
Cinta Salsabila Putri Harahap
Fitri Febrianti Ginting
Jihan Luthfi Nabilah
Sarah Witri Tampubolon
Siti Nurmala
Budiman

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana minat baca siswa mempengaruhi hasil belajar. Dalam penelitian ini, metodologi kuantitatif dipadukan dengan metode review. Sebanyak 197 siswa SMA berpartisipasi dalam penelitian ini. Kuesioner dengan skala Likert digunakan untuk mengumpulkan data. Pemeriksaan backslide fundamental digunakan dalam prosedur pemeriksaan berpendidikan. Diketahui bahwa minat baca siswa kelas XII MAN 1 Medan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Menurut penilaian yang diberikan responden, penanganan informasi menunjukkan minat belajar siswa mencapai 43,66 persen pada kelas dengan aturan sedang dan 62,95 persen pada kelas besar. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa koefisien regresi X dan Y yang diuji signifikan karena t hitung (7,734) lebih besar dari sig (0,000). Akibatnya, penemuan penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara hasil belajar dan minat pemahaman. Dihitung dengan menggunakan persentase hasil belajar yang dicapai siswa kelas XII IPA MAN 1 MEDAN.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Firmazelin, A. ., Harahap, C. S. P. ., Ginting, F. F. ., Nabilah, J. L. ., Tampubolon, S. W. ., Nurmala, S., & Budiman, B. (2024). Pengaruh Minat Baca Dan Ketersediaan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 175–181. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1229
Section
Articles

References

Ahmad Harjasujana, dkk. (2008), Materi Pokok Membaca. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ahmadi, Abu dan Supriyono, Widodo. 2004. Psikologi Belajar (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80.

Bunyamin, Pengaruh Minat Baca terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (studi Kasus pada SMP Negeri 13 Jakarta), Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3 Nomor 2, September 2013, hal. 94.

Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar

Darmono, (2007), Perpustakaan Sekolah Pendekatan Aspek Manajemen dan Tata Kerja, Jakarta:Grasindo.

Doman, G. (2010). Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar Dengan Metode Glenn Doman Berbasis Multimedia. Jurnal Penelitian Pendidikan Unnes, 27(1),

Maharani, O. D., Laksono, K., & Sukartiningsih, W. (2017). Minat Baca Anak-anak di Kampoeng Baca Kabupaten Jember. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(1), 320–328

Nuryanti, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelaksanaan Gerakan Literasi dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Berbicara Siswa SD Negeri Segugus Taman, Kota Madiun. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2), 105.

Parmadani, T. S., & Latifah, L. (2016). Pengaruh Minat Baca, Sumber Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi. Economics Education Analysis Journal, 4(2),

Tarigan, N. T. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 2(2), 2597–9515

Zubaidah, S., Corebima, A. D., Mahanal, S., & Mistianah. (2018). Revealing the relationship between reading interest and critical thinking skills through remap GI and remap jigsaw. International Journal of Instruction, 11(2), 41–56.