Pelatihan dan Penerapan Microsoft Sway Bagi Guru MA Ma’arif 9 Karangbinangun Lamongan
DOI:
https://doi.org/10.31537/dedication.v6i2.822Keywords:
E-learning, Microsoft Sway, PembelajaranAbstract
Teknologi pada bidang Pendidikan mengalami perkembangan yang pesat. Salah satu contohnya adalah Microsoft sway. Kesuksesan dan keberhasilan proses belajar pembelajaran tidak hanya ditentukan oleh pendidik namun juga sarana pembelajaran. Namun, tidak semua pengajar sudah menggunakannya. Beberapa alasan seperti masih belum pahamnya konsep e-learning, bagaimana penggunaan dan penerapannya menjadi sebuah permasalahan sendiri bagi pengajar. Alasan tersebut juga dialami oleh guru di MA Maarif 9 Mayong, Karangbinangun. Hal tersebutlah yang mendasari program kemitraan stimulus Pelatihan dan Penerapan Microsoft Sway Bagi Guru MA Maarif 9 Karangbinangun Lamongan dirancang agar dapat mengatasi permasalahan tersebut. PKMS ini akan dilakukan menjadi tiga tahapan pelaksanaan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan kegiatan dan tahap pasca kegiatan. Harapannya dengan adanya PKMS ini maka dapat memberikan gambaran pada guru MA Maarif 9 Karangbinangun Lamongan dalam memahami manfaat dan penerapan e-learning berbasis Microsoft Sway sebagai media pembelajaran yang atraktif dan menarik minat belajar dan tingkat pemahaman siswa dapat meningkat.
References
Handayani, S., & Hadi, S. 2020. Pelatihan E-Learning Menggunakan Office 365 Bagi GuruGuru dan Siswa-Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Semarang. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 1(2), 49–58. https://doi.org/10.36596/jpkmi.v1i2.32
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., dan Paujiah, E. 2020. Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M.
Korucu, A. T., & Alkan, A. 2011. Differences between m-learning (mobile learning) and elearning, basic terminology and usage of mlearning in education. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j. sbspro.2011.04.029
Kuntarto, E. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1),99-110. 10.24235/ileal.v3i1.1820
Sadikin, Ali dan Afreni Hamidah. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jambi. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Hlm. 214 – 224.
Sudarmoyo. 2018. Pemanfaatan A Plikasi Sway Untuk Media Pembelajaran. Semarang. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Hlm. 346-352.
Suprianto. 2018. Perancangan E-Learning Menggunakan Office 365 dalam Proses Belajar Mengajar. Seminar Nasional Royal (SENAR). 381-386.
Warsita, B. 2002. Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta. Wiana, W., 2017, Application Design Of Interactive Multimedia Development Based Motion Graphic On Making Fashion Design Learning In Digital Format, International Journal Of Scientific & Technology Research. Hal. 102-108.