https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/dedication/issue/feedDedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat2025-03-01T05:57:37+00:00Hendrik Siswonohendriksiswono@gmail.comOpen Journal Systems<p><em><strong>JURNAL DEDICATION :</strong> Jurnal Pengabdian Masyarakat</em> contains writings of devotion to community organizations, industries, and related agencies in order to increase community participation in development, community empowerment and or implementation of community service that has been implemented.</p>https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/dedication/article/view/2264Pendampingan Peningkatan Produktivitas Dan Pendapatan Masyarakat Melalui Diversifikasi Usaha Tani Pembuatan Pupuk Organik Dengan Teknik MOL (Mikro Organisme Lokal)2025-02-07T16:22:49+00:00Flora Puspitaningsih florapuspita70@gmail.comRohmat Febrianto florapuspita70@gmail.comRatna Mustika Wardhaniflorapuspita70@gmail.comAyu Wildanul Maghfuroh florapuspita70@gmail.comDinda Wahyu Putriana florapuspita70@gmail.comNiki Astuti florapuspita70@gmail.comM Azhar Mubaroq florapuspita70@gmail.comRamadan Agung Prasetya florapuspita70@gmail.com<p>Kelompok Tani Purwo Dadi Desa Parakan Kabuptaen Trenggalek telah menerapkan pembuatan pupuk organik dengan memanfaatkan sumber bahan baku yang sudah melimpah didaerahnya, namun belum dapat memaksimalkan dalam produktivitas dan melihat peluang pemasarannya yang berpotensi dapat meningkatkan pendapatan. Tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah meningkatkan produktivitas dan pendapatan masyarakat melalui usaha produksi pupuk organik. Hasil kegiatan PKM ini diantaranya, (1) mampu memberikan pengetahuan dan keterampilan serta hibah alat-alat pendukung terkait pembuatan pupuk organic, (2) mampu memberikan pengetahuan dan keterampilan terkait pemasaran produk pupuk organik dengan memanfaatkan teknologi informasi, (3) memiliki media pemasaran digital dengan memanfaatkan media sosial untuk pemasaran secara massal, (4) memiliki Nomor Izin Berusaha (NIB) untuk usaha pupuk organik dalam kegiatan pemasarannya, dan (5) mampu menghasilkan kemasan pupuk oragnik dengan alternatif variannya yang menarik minat beli konsumen.</p>2025-03-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakathttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/dedication/article/view/2262Pengolahan Minyak Jelantah Menjadi Lilin Aromaterapi Pereda Stress2025-02-07T15:27:23+00:00Nuzsep Almigo nuzsep@binadarma.ac.idUlfa Juliana nuzsep@binadarma.ac.id<p>Minyak jelantah yang berasal dari hasil penggorengan, sering kali dibuang atau hanya dimanfaatkan sebagai bahan bakar. Namun, dengan mengolah minyak jelantah menjadi produk yang berguna, hal ini dapat mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan serta memberikan manfaat ekonomi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengubah minyak jelantah menjadi lilin aromaterapi yang dapat digunakan untuk meredakan stres. Tahapan pengolahannya dimulai dengan pemurnian minyak jelantah, kemudian dicampur dengan minyak esensial yang memiliki efek menenangkan, serta ditambahkan bahan pengikat untuk membentuk lilin. Lilin aromaterapi yang dihasilkan kemudian diuji untuk mengetahui sejauh mana efektifitasnya dalam menciptakan suasana relaksasi dan menurunkan tingkat stres. Melalui penyuluhan dan edukasi, ditemukan adanya minat yang tinggi dari kalangan ibu-ibu terhadap pengolahan minyak jelantah menjadi lilin aromaterapi.</p>2025-03-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakathttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/dedication/article/view/2290Pelatihan Desain Pembelajaran Paradigma Baru Berbasis Games Dan Augmented Reality2025-03-01T05:57:37+00:00Eges Triwahyuni eges.triwahyuni@gmail.comI Wayan Wesa Atmaja eges.triwahyuni@gmail.com<p>Meningkatkan pemahaman tentang potensi dan penerapan desain pembelajaran inovatif seperti Quizizz salah satu platform pembelajaran interaktif berbasis game yang memungkinkan guru membuat kuis dan permainan edukasi, Assemblr platform yang menyederhanakan pembuatan konten AR, Wordwall platform pembelajaran digital yang menyediakan berbagai permainan, Edpuzzle platform pembelajaran online yang memungkinkan guru untuk menyesuaikan video pembelajaran dengan menambahkan pertanyaan, kuis, atau catatan, serta PhET platform yang menyediakan simulasi interaktif untuk belajar secara menyenangkan. Penggunaan media pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan belajar-mengajar. Hal ini pada gilirannya akan berdampak positif pada peningkatan pemahaman dan penguasaan konsep- konsep pelajaran. Meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi dan media pembelajaran terkini guna optimalisasi proses pembelajaran di kelas. Melakukan identifikasi beragam media pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan siswa, sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan gaya belajar platform digital setiap siswa</p>2025-03-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakathttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/dedication/article/view/2260Strategi Inovatif Penguatan Numerasi di SMK Melalui Pembelajaran Kontekstual Berbasis Budaya2025-02-07T05:43:13+00:00Hersiyati Palayukan hersiyati@ukitoraja.ac.idYusem Ba’ruhersiyati@ukitoraja.ac.idEvy Lalan Langi’ hersiyati@ukitoraja.ac.id<p>Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi numerasi siswa di SMK N 5 Toraja Utara melalui pendekatan pembelajaran kontekstual yang berbasis pada budaya lokal. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk workshop dengan melibatkan guru-guru untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran yang mengintegrasikan elemen budaya Toraja dalam pembelajaran matematika. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa siswa lebih memahami konsep numerasi yang diajarkan dengan konteks budaya yang relevan, yang berdampak pada peningkatan literasi numerasi mereka secara signifikan. Selain itu, pendekatan berbasis budaya ini terbukti menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan lebih mudah dipahami. Luaran dari kegiatan ini mencakup modul pembelajaran berbasis budaya, peningkatan kompetensi guru dalam mengajar numerasi, dan rencana aksi implementasi di kelas. Secara keseluruhan, pendekatan ini sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran yang kontekstual dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa.</p>2025-03-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakathttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/dedication/article/view/2277Sosialisasi Aturan Hukum Penggunaan Sepeda Listrik untuk Anak Sekolah Dasar2025-02-26T16:08:59+00:00Ahmad Suryono ladyagustina@unmuhjember.ac.idLady Agustina ladyagustina@unmuhjember.ac.idSudahri Sudahri ladyagustina@unmuhjember.ac.idHana Puspita Eka Firdaus ladyagustina@unmuhjember.ac.id<p>Kemajuan teknologi dalam bidang transportasi telah memberikan berbagai kemudahan, salah satunya adalah hadirnya sepeda listrik sebagai alat transportasi yang ramah lingkungan dan efisien. Maraknya penggunaan sepeda listrik di Indonesia yang mulai terlihat berkembang membuat penggunaannya memunculkan pro dan kontra di tengah masyarakat luas. Berdasarkan data kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pengguna sepeda listrik, terlihat bahwa minimnya pemahaman mengenai aturan lalu lintas menjadi faktor utama. Selain itu, kurangnya pengawasan dan edukasi dari orang tua maupun lembaga pendidikan turut memperburuk situasi ini. Oleh karena itu, perlu dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat berupa sosialisasi aturan hukum penggunaan sepeda listrik yang menyasar anak-anak sekolah dasar. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam mengenai aturan hukum, pentingnya keselamatan berlalu lintas, serta tanggung jawab sebagai pengguna sepeda listrik. Berdasarkan evaluasi dari kegiatan yang telah dilakukan, hasil yang diperoleh meliputi : Peningkatan Pemahaman, Kesadaran Keselamatan, Peran Orang Tua, Dukungan Sekolah dan Pembuatan Poster Edukasi</p>2025-03-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakathttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/dedication/article/view/2256Pembentukan Layperson Pertolongan Pertama Cedera Muskuloskeletal Pada Siswa Melalui Program “KopDar Banget” 2025-02-06T15:57:37+00:00Eky Madyaning Nastitieky@uds.ac.idRida Darotineky@uds.ac.idFeri Eka Prasetiyaeky@uds.ac.idYunita Wahyu Wulansarieky@uds.ac.idGuruh Wirasaktieky@uds.ac.id<p>Kasus cedera muskuloskeletal seperti terkilir menjadi salah satu permasalahan yang kerap muncul pada siswa di sekolah. Cedera yang terjadi ini disebabkan aktivitas yang dilakukan siswa. Untuk itu dibutuhkan upaya untuk meningkatkan pemahaman pertolongan pertama pada cedera muskuloskeleta. Tujuan program pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan pemberdayaan siswa sebagai <em>layperson</em> cedera muskuloskeletal menggunakan program KopDar Banget (Kelompok Kegawatdaruratan berbasis Gadget Teknologi). Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan melibatkan 97 siswa SMPN 1 Kalisat. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan serangkaian media edukasi yaitu power point, film pendek, aplikasi dalam gawai dan permainan edukasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa rangkaian Program KopDar Banget bermanfaat dalam perbaikan pemahaman siswa dalam melakukan pertolongan pertama cedera muskuloskeletal. Berdasarkan pemaparan di atas menunjukkan bahwa pemanfatan teknologi kegiatan pengabdian masyarakat dimanfaatkan untuk membentuk penolong pertolongan pertama cedera musculoskeletal terutama di lingkungan sekolah.</p>2025-03-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakathttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/dedication/article/view/2274Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penyusunan Instrumen Digital Melalui Pelatihan Penggunaan Platform Wordwall2025-02-26T15:27:56+00:00Rina Sugiarti Dwi Gitagitarina16@gmail.comKustiyowati Kustiyowati gitarina16@gmail.comMispan Mispangitarina16@gmail.com<p>Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun instrumen digital melalui pelatihan penggunaan platform <em>Wordwall</em>. Pelatihan ini dilaksanakan sebagai upaya pengembangan profesionalisme guru dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih interaktif dan efektif. Metode yang digunakan adalah pelatihan partisipatif yang melibatkan sesi teori, praktik langsung, dan pendampingan dalam penyusunan instrumen evaluasi berbasis <em>Wordwall</em>. Partisipan terdiri dari guru-guru SMP Negeri 1 Senduro yang memiliki latar belakang beragam dalam penggunaan teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan ini secara signifikan meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun berbagai bentuk instrumen evaluasi digital, seperti kuis, teka-teki silang, dan permainan edukatif. Selain itu, guru menjadi lebih percaya diri dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Pelatihan ini juga mendapat respons positif dari peserta yang menilai bahwa platform <em>Wordwall</em> mudah digunakan dan sangat membantu dalam menciptakan media pembelajaran yang menarik dan variatif. Dengan demikian, pelatihan penggunaan <em>Wordwall</em> efektif dalam meningkatkan kompetensi guru dalam penyusunan instrumen digital yang kreatif dan inovatif.</p>2025-03-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakathttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/dedication/article/view/2254Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Dalam Penulisan Karya Tulis Sebagai Portofolio Akademik Mahasiswa2025-02-06T15:00:08+00:00Anggy Wira Pambudi anggy.wira@fisip.unsika.ac.idCris Kuntadi anggy.wira@fisip.unsika.ac.idGun Gun Gumilar anggy.wira@fisip.unsika.ac.id<p>Adanya karya tulis yang dihasilkan oleh mahasiswa menjadi penting bagi mahasiswa, program studi dan juga perguruan tinggi, karena menjadi indikator keberhasilan pembelajaran mahasiswa di perguruan tinggi. Namun mahasiswa memiliki keterbatasan kemampuan dalam penulisan karya tulis, seperti mahasiswa di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Karawang yang dimana banyak ditemukan beberapa kesalahan pada karya tulis mahasiswa seperti analisis yang tidak mendalam, plagiasi, kesalahan tata Bahasa, pengutipan, dan permasalahan kerapihan. Dilatarbelakangi oleh permasalahan tersebut, maka kemudian penulis menyelenggarakan pelatihan penulisan karya tulis yang diselenggarakan <em>on campus</em>, pelatihan tersebut dapat diikuti secara individu maupun kelompok, pelatihan tersebut juga dilakukan dengan menggunakan materi yang disusun dengan menyesuaikan kebutuhan mahasiswa. Setelah melewati proses pelatihan, peserta pelatihan menunjukan prestasi seperti adanya beberapa peserta yang mampu untuk menghasilkan artikel ilmiah yang dipublikasi pada jurnal bereputasi, dan juga adanya beberapa peserta yang mampu untuk menjuarai lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional.</p>2025-03-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakathttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/dedication/article/view/2271Sosialisasi Anti Bullying serta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa SDN Gambirono 03 Kabupaten Jember 2025-02-09T08:09:06+00:00Nostalgianti Citra Prystianantaprystiananta@gmail.comMuhammad Ali Ma’shumprystiananta@gmail.com<p>Kegiatan sosialisasi anti <em>bullying</em> dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di SD Gambirono 03 memiliki tujuan untuk menciptakan kepekaan dan pemahaman siswa terhadap perlunya menjaga perilaku positif dan kebersihan diri dalam lingkungan sekolah. Metode pelaksanaan pada sosialisasi ini yaitu observasi dan penyuluhan. Melalui pendekatan interaktif dan partisipatif, siswa mendapatkan pengetahuan mengenai dampak buruk dari <em>bullying</em> serta pentingnya mewujudkan lingkungan aman bagi semua siswa. Selain itu, kegiatan ini juga menekankan pentingnya penerapan PHBS sebagai langkah preventif dalam menjaga kesehatan fisik dan mental anak-anak. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan dan pemahaman siswa mengenai dampak bullying serta meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan diri. Program ini diharapkan dapat berkontribusi dalam menciptakan lingkungan sekolah yang lebih sehat dan harmonis.</p>2025-03-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakathttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/dedication/article/view/2252Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pembuatan Batik Kain Ecoprint Di Desa Bintoro Kabupaten Jember2025-02-06T13:40:03+00:00Miranda Hera AndadariSriwahyuni.fkip@unej.ac.idAlfiana AnnurrohmahSriwahyuni.fkip@unej.ac.idAhmad Hisyam RifqiSriwahyuni.fkip@unej.ac.idIsmi Kayyisah IlliyinSriwahyuni.fkip@unej.ac.idSabiqotur RohmahSriwahyuni.fkip@unej.ac.idSri Wahyuni Sriwahyuni.fkip@unej.ac.id<p>Pengabdian ini membahas mengenai pemberdayaan dan pelatihan pembuatan batik <em>ecoprint</em> untuk masyarakat di Desa Bintoro, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember. Potensi tanaman yang ada di Desa Bintoro dapat dimanfaatkan dengan optimal sebagai bahan penambah nilai guna produk. Banyaknya masyarakat di Desa Bintoro terutama ibu rumah tangga yang belum memiliki pekerjaan, sehingga memotivasi peneliti untuk melakukan kegiatan pemberdayaan sebagai wadah untuk memotivasi masyarakat dalam pembuatan batik <em>ecoprint</em>. Metode pelaksanaan kegiatan ini melibatkan pemberdayaan dan pelatihan batik <em>ecoprint</em> di Desa Bintoro, dengan tahapan kegiatan meliputi penyampaian materi dan praktik secara langsung oleh masyarakat. Kegiatan pemberdayaan yang dilakukan peneliti telah memotivasi masyarakat menjadi lebih kreatif dalam menginovasikan potensi tanaman di sekitar. Luaran yang dihasilkan dari kegiatan ini berupa modul pelatihan masyarakat sebagai penunjang pengetahuan dasar mengenai batik <em>ecoprint</em>.</p>2025-03-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakathttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/dedication/article/view/2269Create Your Digital Identity: Bangun Portofolio Keren Dengan Bootstrap 2025-02-08T14:27:01+00:00Ragil Hidayat22040700032@student.umj.ac.idReihan Aditya Permata Bintang22040700032@student.umj.ac.idDoni Irawan22040700032@student.umj.ac.idMohammad Arief Abean22040700032@student.umj.ac.idMuhammad Albi Akbar Filayati22040700032@student.umj.ac.idMirza Sutrisno22040700032@student.umj.ac.idRully Mujiastuti22040700032@student.umj.ac.idYana Adharani22040700032@student.umj.ac.idNurvelly Rosanti22040700032@student.umj.ac.idSitti Nurbaya Ambo22040700032@student.umj.ac.id<p>Di era digital yang semakin maju, mempunyai identitas digital menjadi kebutuhan penting, terutama bagi mahasiswa. Salah satu cara untuk membangun identitas digital adalah dengan membuat portofolio berbasis website, dengan menggunakan framework sebagai bantuan dalam membangun portofolio website, seperti framework Bootstrap. Penulis dan tim mengadakan kegiatan mengenai membagun identitas digital dengan judul “<em>Create Your Digital Identity</em>: Bangun Portofolio Keren dengan Bootstrap”. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode pemaparan materi dengan webinar dan dilanjutkan dengan pelaksanaan praktik dengan workshop. Kepuasan peserta ditentukan dengan menggunakan kuesioner. Peserta memberikan respon positif terhadap pembicara dan materi yang disampaikan. Hasil dan diskusi menunjukkan bahwa kegiatan ini berhasil dibuktikan dengan partisipasi sebanyak 60 peserta dari berbagai lembaga. Peserta juga menyelesaikan Pre-Test dan Post-Test yang menunjukkan pemahaman yang baik terhadap materi tersebut. Feedback yang didapatkan dari peserta adalah 47,5 merasa puas dan 52,5% merasa sangat puas dengan kegiatan ini.</p>2025-03-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakathttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/dedication/article/view/2267Peningkatan Kualitas Produksi melalui Penerapan Smart Garden dan Manajemen Pengelolaan Digital Marketing Kebun Anggrek Kecamatan Silo Kabupaten Jember2025-02-08T05:30:46+00:00Ismul Mauludin Al Habib ismul.habib1982@gmail.comHanif Hadinata Utama ismul.habib1982@gmail.comMawan Eko Defrianto ismul.habib1982@gmail.comDwi Sucianingtyas Sukamto ismul.habib1982@gmail.com<p>Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas produksi dan manajemen pemasaran digital pada Kebun Anggrek di Kecamatan Silo, Kabupaten Jember. Mitra menghadapi dua masalah utama: pertama, belum menerapkan teknologi <em>smart garden</em> untuk mendukung budidaya anggrek, yang masih dilakukan secara manual dan memerlukan tenaga intensif. Kedua, strategi pemasaran digital yang belum optimal, terutama dalam penggunaan media sosial dan e-commerce, sehingga penjualan belum mencapai potensi maksimal. Solusi yang diterapkan adalah penggunaan sistem <em>smart garden</em> berbasis teknologi Internet of Things (IoT) yang memungkinkan penyiraman otomatis dan pemantauan kondisi lingkungan secara real-time melalui aplikasi smartphone. Hal ini meningkatkan efisiensi dalam perawatan tanaman dan meningkatkan kualitas produksi anggrek. Selain itu, pelatihan manajemen pemasaran digital juga dilakukan, termasuk penggunaan aplikasi POS untuk pencatatan stok dan keuangan, serta optimalisasi media sosial seperti Instagram, Facebook, dan TikTok melalui <em>live streaming</em> untuk meningkatkan visibilitas produk. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam kualitas produksi dan efisiensi operasional di kebun anggrek.</p>2025-03-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakathttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/dedication/article/view/2265Pengembangan Tindak Tutur Dengan Pendekatan Pragmatik Dalam Optimalisasi Strategi Marketing Di UMKM King Betiri Jember2025-02-07T16:59:30+00:00Ahmad Jazulyahmadjay2006@gmail.comNury Kurniaahmadjay2006@gmail.comNinuk Indrayaniahmadjay2006@gmail.comIntan Shelly Amandaahmadjay2006@gmail.comArif Wahyudiono ahmadjay2006@gmail.com<p>Pengembangan pola komunikasi tindak tutur dipilih dalam kegiatan UMKM jamu tradisional dari kelompok Toga King Betiri Desa Andongrejo, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember karena dirasa sesuai dengan kondisi masyarakat disana yang menggunakan strategi pemasaran dari mulut ke mulut. Terdapat dua fokus yang menjadi kajian pokok dalam kegiatan ini, yaitu: pertama, jenis tindak tutur yang meliputi: tindak tutur lokusi, tindak tutur ilokusi (terdiri dari: asertif atau representatif, komisif, direktif, ekspresif, dan deklaratif), dan tindak tutur perlokusi; kedua, wujud tindak tutur yang meliputi: verbal (terdiri dari: pernyataan, pertanyaan, dan perintah), non-verbal, tertulis, visual, simbolik, mimikri, dan multimodal sebagai strategi marketing dengan memperkenalkan jamu tradisional kepada komunitas senam sekecamatan Tempurejo di lingkungan kelompok Toga King Betiri Desa Andongrejo. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dengan metode brainstorming, diskusi, dan demonstrasi. Akhirnya, kegiatan pengembangan tindak tutur diharapkan meningkatkan sikap, pemahaman dan keterampilan yang terintegrasikan dalam upaya optimalisasi strategi marketing jamu tradisional di kelompok Toga King Betiri Desa Andongrejo.</p>2025-03-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakathttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/dedication/article/view/2263Edukasi Anti Bullying Upaya Pencegahan Tindakan Kekerasan pada Remaja2025-02-07T15:48:00+00:00Tunjung Bayu Sinta tunjungbayusintaa@gmail.comNunik Maya Hastuti tunjungbayusintaa@gmail.comNoor Lita Sari tunjungbayusintaa@gmail.com<p>Tindakan <em>bullying</em> terjadi secara berulang – ulang yang dapat menyebabkan seseorang berada dalam keadaan tidak nyaman atau bahkan terluka baik secara fisik maupun non fisik. Pada umumnya tindakan ini merupakan permasalahan yang serius terjadi oleh anak – anak dan remaja tak terkecuali di Indonesia khususnya di Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah. Pada awal tahun 2023 kasus <em>bullying </em>terjadi di sekolah SMA Swasta di Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah, kasus ini dialami oleh seorang siswi yang terkena perundungan oleh delapan orang teman sekelasnya. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Karanganyar pada siswa dan siswi remaja kelas VII dengan memberikan edukasi tentang <em>bullying</em> di sekolah. Kegiatan diawali dengan pretest dan diakhiri dengan posttest. Hasil yang diharapkan pada kegiatan pengabdian ini yaitu berkurangnya tindakan <em>bullying </em>khususnya di lingkungan sekolah dan mencegah agar tidak terjadi pada dirinya dan orang terdekatnya</p>2025-03-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakathttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/dedication/article/view/2261Peran Program Sekolah Perempuan Melalui Edukasi dan Pengenalan Pupuk tongkol Jagung Ramah Lingkungan sebagai upaya pemanfaatan limbah lingkungan lokal desa Grenden Puger2025-02-07T15:08:53+00:00Silvia Agustiyanisilviaagustiyani662@gmail.comSharla Syafrina Nufriandinisilviaagustiyani662@gmail.comZahro Shabina Isnynasilviaagustiyani662@gmail.comFatah An Noufalsilviaagustiyani662@gmail.comReza Yunita Pratiwisilviaagustiyani662@gmail.comZakaria Sandy Pamungkassilviaagustiyani662@gmail.comSri Wahyuni silviaagustiyani662@gmail.com<p>Desa Grenden memiliki potensi lokal berupa jagung sehingga di desa ini banyak ditemukan limbah jagung salah satunya yakni tongkol jagung. BPSIT Serealia menyebutkan bahwa produksi jagung di indonesia periode maret 2024 mencapai 2,29 juta ton. Pemupukan bertujuan untuk menghasilkan pertumbuhan tanaman yang lebih baik, selain menambah unsur hara makro dan mikro didalam tanah, hasil dan mutu tanaman dapat terjamin dengan baik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif yang memfokuskan pada pendeskripsian hasil yang diperoleh secara nyata berdasarkan kondisi di lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik data primer dan sekunder. Tahapan pelaksanaan meliputi yaitu; survey desa, Perencanaan kegiatan, dan Pelaksanaan Kegiatan. Kandungan zat nutrisi dalam tongkol jagung yakni bahan kering 90,0%, Serta kasar 36,0%, Protein kasar 3,0%, Lemak kasar 0,5%, Abu 2,0%, TDN 48,0%, ADF 36,0%, NDF 39,0%, Ca 0,12%, dan P 0,04%. Kegiatan edukasi dan pengenalan pengolahan limbah tongkol jagung menjadi pupuk organik memberikan dampak positif jangka panjang, baik dari segi lingkungan maupun ekonomi.</p>2025-03-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakathttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/dedication/article/view/2278Sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk Guru dan Siswa sebagai Upaya Menjaga Kesehatan Tubuh dan Pencegahan dari Berbagai Penyakit2025-02-26T16:15:17+00:00Rizky Apriliyanto ladyagustina@unmuhjember.ac.idLady Agustina ladyagustina@unmuhjember.ac.idSudahri Sudahri ladyagustina@unmuhjember.ac.idChusnul Khotimah Galatea ladyagustina@unmuhjember.ac.id<p>Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah suatu upaya dalam menciptakan suatu kondisi bagi siswa dan guru dalam sikap dan perilaku agar dapat menerapkan hidup sehat dalam rangka menjaga, memelihara dan meningkatkan kesehatan. Kebiasaan hidup bersih dan sehat merupakan masalah penting dan menjadi fokus dalam pencegahan timbulnya berbagai masalah kesehatan pada anak. Permasalahan kesehatan pada anak usia sekolah masih banyak ditemukan, karena rentannya anak terhadap berbagai penyakit, terutama yang berhubungan dengan penceranaan anak seperti diare, cacingan dan gangguan pencernaan lainnya. PHBS bermanfaat untuk mencegah, menanggulangi dan melindungi diri dari ancaman penyakit serta memanfaatkan pelayanan kesehatan yang bermutu efektif dan efisien. Dampak jangka panjang dari sosialisasi ini, diperlukan upaya lanjutan berupa program monitoring secara berkala, peningkatan sarana kebersihan di sekolah, serta penguatan kerja sama dengan pihak terkait dalam mendukung penerapan PHBS. Diharapkan tercipta lingkungan sekolah yang lebih sehat dan mampu mencegah penyebaran berbagai penyakit melalui kebiasaan hidup bersih dan sehat.</p>2025-03-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakathttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/dedication/article/view/2259Pemanfaatan Tongkonan sebagai Media Literasi Numerasi di Desa Wisata Seribu Longa Lembang Tallung Penanian2025-02-07T05:14:32+00:00Evy Lalan Langi evylalanlangi@gmail.comDaud Rodi Palimbong evylalanlangi@ukitoraja.ac.idOktavianus Pakadang evylalanlangi@ukitoraja.ac.id<p>Tongkonan adalah rumah adat suku Toraja yang berfungsi sebagai tempat berkumpulnya rumpun keluarga. Lembang Tallung Penanian yang terletak di Kabupaten Toraja Utara, dikenal sebagai Desa Wisata Seribu Longa karena memiliki banyak sekali Tongkonan yang disandingkan dengan beberapa lumbung dengan ciri khas atap berbentuk perahu yang disebut Longa. Dewasa ini, Tongkonan di Lembang Tallung Penanian terkesan sepi dan dimanfaatkan hanya pada saat-saat tertentu saja disebabkan kecenderungan beberapa anggota rumpun keluarga yang lebih memilih tinggal di rumah pribadi. Tim PKM UKI Toraja berkoordinasi dengan pemerintah Lembang Tallung Penanian berinisiatif memanfaatkan Tongkonan sebagai sarana dan media untuk membudayakan literasi numerasi bagi anak-anak sejak dini melalui bimbingan belajar dan seni. Kegiatan PKM ini membangkitkan kembali kecintaan masyarakat Lembang Tallung Penanian terhadap nilai luhur tongkonan dan sekaligus menjadi sarana mempersiapkan generasi muda tongkonan menjadi generasi yang cerdas dan berbudaya.</p>2025-03-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakathttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/dedication/article/view/2275Merdeka Sampah Dari Rumah Untuk Mendukung Banyuwangi Hijau2025-02-26T15:33:02+00:00Dinicen Viclaradinicen.viclara@untag-banyuwangi.ac.id<p>Seiring bertambahnya penduduk dan masalah pengolahan sampah yang selalu menjadi permasalahn klasik di setiap daerah, juga dialami oleh Desa Rejosari Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi. Meskipun pemerintah desa setempat telah memberitahukan adanya TPA hasil suwadaya warga untuk mengurangi dan mengolah sampah yang ada, akan tetapi pembuangan sampah di area got rumah warga. Mayoritas mereka masih juga memilih untuk membakar sampah secara langsung di aera pemukiman padat penduduk dari pada menyetor langsung ke TPA setempat. Salah satu program KKN PPMD tahun 2024 mahasiswa UNTAG Banyuwangi adalah program <em>zero waste life style</em> untuk memberdayakan masyarakat agar lebih sadar dengan kebersihan lingkungan dari rumah. Maka perlu diadakan penyuluhan merdeka sampah dari rumah terhadap beberapa kelompok masyarakat seperti ibu-ibiu PKK, Karang taruna, dan perwakilan tokoh masyarakat setiap RT / RW setempat dengan harapan dapat mengurangi sampah di lingkungan sekitar khususnya untuk jenis sampah rumah tangga.</p>2025-03-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakathttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/dedication/article/view/2255Edukasi Penggunaan Ice Breaking Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa di SDN 07 Tanjung Batu2025-02-06T15:27:09+00:00Itryah Itryah itryah@binadarma.ac.idAni Vusvita Sari itryah@binadarma.ac.id<p>Kurangnya konsentrasi siswa di sekolah adalah masalah yang umum dijumpai dalam dunia pendidikan. Berbagai faktor, baik internal maupun eksternal, dapat menyebabkan kesulitan siswa dalam mempertahankan fokus saat belajar. Faktor internal dapat mencakup masalah psikologis seperti stres, kecemasan, atau rendahnya motivasi. Siswa yang tidak tertarik dengan materi yang diajarkan atau merasa bahwa pelajaran tidak relevan dengan kehidupan mereka cenderung lebih mudah kehilangan konsentrasi. Untuk meningkatkan motivasi dan konsentrasi belajar siswa, diperlukan permainan edukatif dalam proses pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam pengabdian ini adalah psikoedukasi melalui ice breaking, dan hasilnya menunjukkan bahwa permainan edukatif efektif dalam melatih konsentrasi siswa.</p>2025-03-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakathttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/dedication/article/view/2273Pendampingan Design Pembelajaran dan Evaluasi berbasis Global Literacy pada Guru – Guru di Sekolah Indonesia Riyadh (Arab Saudi)2025-02-12T13:24:06+00:00Sri Handayanisri.handayani.fe@um.ac.idInayati Nuraini Dwiputri sri.handayani.fe@um.ac.idAndy Prasetyo Watisri.handayani.fe@um.ac.idBadrus Sholeh sri.handayani.fe@um.ac.idCherry Rinaldisri.handayani.fe@um.ac.idEndah Nur Amalinasri.handayani.fe@um.ac.idRestu Agus Dwi Kurniawansri.handayani.fe@um.ac.id<p>Banyak guru masih belum sepenuhnya memahami konsep literasi global dan bagaimana memasukkannya ke dalam kurikulum dan pendekatan pembelajaran mereka. Keterbatasan ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti kurangnya pelatihan guru dalam literasi global yang memadai, kekurangan sumber daya yang relevan, dan tekanan dari kurikulum yang sudah ada. Pendekatan Focus Group Discussion (FGD) dan pendampingan digunakan untuk mencapai tujuan kegiatan PKMLN, yaitu mengatasi masalah yang ada di mitra. Di Sekolah Indonesia Riyadh (SIR), Arab Saudi, 35 guru dari berbagai mata pelajaran terlibat dalam kegiatan ini. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta membuat rencana dan menilai sesuai dengan kriteria Kurikulum Merdeka. Hal ini menunjukkan bahwa para peserta tidak hanya memiliki kompetensi guru yang memadai, tetapi juga menunjukkan komitmen yang kuat terhadap melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai guru dalam kurikulum merdeka.</p>2025-03-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakathttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/dedication/article/view/2253Penerapan Prototipe Pengemas Galon Semi-Kontinu: Kontribusi terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs 6)2025-02-06T14:15:27+00:00Zainal Abidin Achmadz.abidinachmad@upnjatim.ac.idTria Puspa Sariz.abidinachmad@upnjatim.ac.idRaden Ayu Firdausi Novira Rachmanz.abidinachmad@upnjatim.ac.idMuchlisiniyati Safeyahz.abidinachmad@upnjatim.ac.idFitri Kusumasariz.abidinachmad@upnjatim.ac.idZatin Niqotainiz.abidinachmad@upnjatim.ac.id<p>Techno Water, mesin pengolah air yang terpasang di Pasar Wage, telah menyelesaikan permasalahan air baku berkadar kapur tinggi di Desa Saringembat. Sebagai tindak lanjutnya, UPN Veteran Jawa Timur melakukan rancang bangun prototipe mesin pengemas galon semi kontinu. Pelaksanakan kegiatan menggunakan metode (1) penyuluhan pentingnya air minum sehat untuk pencegahan stunting, (2) rancang bangun prototipe mesin pengemas air galon semi kontinu, dan (3) pelatihan pengoperasian dan perawatan teknologi. Prototipe mesin pengemas galon semi kontinu berfungsi untuk membersihkan, mengisi, dan menyegel galon terstandar. Prototipe ini sesuai dengan topik penelitian bidang rekayasa teknologi terkait penanganan dan pengemasan produk pangan (air minum) dan mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dengan fokus pada tujuan 6 (Air Bersih dan Sanitasi). Keberadaan prototipe pengemas galon semi kontinu dengan dukungan program pengabdian kepada masyarakat menjadi solusi untuk memperluas akses air minum sehat yang terjangkau bagi seluruh warga Desa Saringembat.</p>2025-03-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakathttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/dedication/article/view/2270Reintegrasi MGMP Dan Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Merancang Evaluasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis SMART Di Era Merdeka Belajar2025-02-08T14:54:25+00:00Sri Handayanisri.handayani.fe@um.ac.idPutra Hilmy Psri.handayani.fe@um.ac.idAnnisya Annisyasri.handayani.fe@um.ac.idDian Eka Prasastiantasri.handayani.fe@um.ac.idEndah Nur Amalinasri.handayani.fe@um.ac.idRestu Agus Dwi Kurniawansri.handayani.fe@um.ac.id<p>Untuk meningkatkan profesionalitas guru, MGMP adalah salah satu organisasi profesi. Dalam konteks reintegrasi, sangat penting untuk mempertimbangkan bagaimana mengubah atau mengaktifkan kembali setelah perubahan situasi atau kebijakan tertentu, seperti kurikulum Merdeka Belajar. Pembelajaran berbasis SMART Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time-bound harus didukung melalui penyesuaian kembali agenda, fokus, dan strategi kolaboratif. Institusi pendidikan memiliki kemampuan untuk secara signifikan meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran melalui pelatihan dan workshop yang terus-menerus dan komprehensif. Selain itu, mereka dapat mempersiapkan guru untuk menghadapi tuntutan pembelajaran yang berubah dan perkembangan teknologi di era Merdeka Belajar. Dari 54 peserta pelatihan, ada peningkatan kemampuan untuk membuat dan membuat evaluasi berbasis SMART. Hasil pendampingan dan portofolio yang telah dilakukan menunjukkan hal ini.</p>2025-03-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakathttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/dedication/article/view/2268Penguatan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal dalam Mendukung Pengembangan Desa Wisata Adat Arjasa2025-02-08T13:58:38+00:00Wheny Khristianto panca.fisip@unej.ac.idPanca Oktawirani panca.fisip@unej.ac.idPandu Satriya Hutama panca.fisip@unej.ac.idKetut Mastika panca.fisip@unej.ac.idDwi Windradini panca.fisip@unej.ac.id<p>Desa Wisata Adat Arjasa merupakan desa wisata yang berfokus pada edukasi sejarah, dengan kesenian ta'bhutaan sebagai Warisan Budaya Nasional. Pariwisata di desa ini mendukung perekonomian lokal dengan memanfaatkan berbagai potensi yang ada, termasuk UMKM lokal, terutama kopi. Namun, terdapat beberapa tantangan, seperti kurangnya pengetahuan kewirausahaan, inovasi produk kopi pasca panen, peracikan kopi, serta belum tersedianya lokasi representatif untuk usaha minuman berbasis kopi. Untuk mengatasi hal ini, diusulkan program desa binaan yang bertujuan mengembangkan kewirausahaan berbasis potensi lokal melalui pelatihan barista dan pengembangan usaha kafe. Program ini sejalan dengan rencana pengembangan paket wisata baru bertajuk “Lost One Night in Arjasa” pada tahun 2024. Pengabdian ini dilakukan melalui beberapa tahapan: persiapan administrasi dan pelaksanaan program, peningkatan kewirausahaan dan manajemen usaha, pendampingan praktek, serta supervisi. Peserta akan memperdalam pemahaman mereka terkait profesi barista, cara meracik kopi, menyediakan makanan pendamping berbasis potensi lokal, dan menerapkannya dalam pengelolaan usaha kopi. Diharapkan, kegiatan ini dapat memperkuat kapasitas ekonomi pariwisata desa.</p>2025-03-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakathttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/dedication/article/view/2266Transformasi Tantangan Menjadi Peluang: Workshop Kewirausahaan Lemonade Principle Dan Business Model Canvas Di SMAN 1 Gowa 2025-02-08T00:24:17+00:00Alicia Stephanie Gunawan monalisa@ciputra.ac.idMahesha Al Mubarak monalisa@ciputra.ac.idErmawati Atika monalisa@ciputra.ac.idEmeline Aime Kandiawan monalisa@ciputra.ac.idGwyneth Rachel Sentosa monalisa@ciputra.ac.idMichelle Thalia Sawitto monalisa@ciputra.ac.idNetha Eliana Calysta monalisa@ciputra.ac.idShecilia Putri Findani monalisa@ciputra.ac.idVanessa Chandra monalisa@ciputra.ac.idEvelyn Evelyn monalisa@ciputra.ac.idMonalisa Monalisa monalisa@ciputra.ac.id<p>Di era globalisasi dan digitalisasi, Indonesia dihadapkan pada tantangan kompleks terkait tingginya angka pengangguran yang berdampak pada masalah sosial dan ekonomi yang mendesak. Salah satu pendekatan untuk mengatasi tantangan ini adalah melalui pengembangan semangat kewirausahaan di kalangan generasi muda. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan melalui workshop kewirausahaan di SMAN 1 Gowa, dengan fokus pada peluang adaptasi terhadap lingkungan serta pengembangan strategi bisnis melalui pengenalan teori Efektuasi dan penerapan <em>Business Model Canvas</em> pada 7 Mei 2024. Metode pelaksanaan mencakup tiga tahap yang terdiri dari <em>ice breaking</em>, presentasi materi, dan workshop pembuatan <em>Business Model Canvas</em>. Temuan menunjukkan bahwa mayoritas kelompok berhasil merancang dan mempresentasikan ide bisnis dalam <em>Business Model Canvas</em> dengan baik, sementara sebagian kecil memerlukan peningkatan. Penelitian ini berpotensi memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan pendidikan kewirausahaan di lingkungan sekolah serta membantu siswa dalam mengasah keterampilan kewirausahaan mereka, sehingga mampu menghadapi tantangan masa depan dengan lebih siap dan percaya diri.</p>2025-03-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat