Pelatihan Strategi Peningkatan Literasi Membaca Teks Digital (Reading Digital Text)

Authors

  • Anita Fatimatul Laeli Universitas Muhammadiyah Jember
  • Dzarna Dzarna Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/dedication.v6i2.820

Keywords:

Literasi Digital, Strategi Literasi Membaca Teks Digital, Kompetensi Guru

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut guru untuk mengintegrasikan berbagai teknologi untuk mengembangkan keterampilan membaca siswa, salah satu implikasinya adalah perubahan moda membaca dari membaca teks cetak ke membaca teks digital. oleh sebab itu, guru membutuhkan peguasaan literasi membaca teks digital untuk membantu siswa memiliki kemampuan untuk menyaring dan mengelola informasi yang mereka dapatkan dari penggunaan teknologi. Metode pelaksanaan Program kegiatan ini berbentuk pelatihan dengan 2 topik utama yaitu materi literasi membaca teks digital dan strategi mengajarkan literasi membaca teks digital didalam kelas.Hasil dari program kemitraan adalah 1) guru mempunyai pemahaman yang tepat tentang kemampuan literasi membaca teks digital yang harus dimiliki baik oleh guru maupun peserta didik pada abad pembelajaran abad 21. 2) guru dapat mempraktekkan strategi untuk mengajarkan literasi membaca teks digital untuk peserta didik dikelas. Luaran dari kegiatan ini adalah artikel ilmiah yang dipublikasikan di jurnal pengabdian Nasional, laporan kegiatan dan dokumentasi kegiatan.

References

Brun-mercer, N. 2019. Online Reading Strategies for the Classroom. English Teaching Forum, 2–11.

Cho, B.-Y., & Afflerbach, P. 2017. An Evolving Perspective of Constructively Responsive Reading Comprehension Strategies in Multilayered Digital Text Environments. In E. Susan (Ed.), Handbook of Research on Reading Comprehension (Issue January, pp. 1–28). Guilford Publications.

Dobler, E., & Eagleton, M. B. 2015. Reading the web: Strategies for internet inquiry. (second Edi). Guilford Publications.

Gilbert, J. 2017. A Study of ESL Students’ Perceptions of Their Digital Reading. An International Journal Online, 17(2), 179–195.

Joyo, A. 2018. Gerakan Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Menuju Siswa Berkarakter. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 1(2), 159–170. https://media.neliti.com/media/publications/256081-gerakan-literasi-dalam-pembelajaran-baha-dc455f80.pdf

Laeli, A. F., Setiawan, S., & Anam, S. 2020. Reading Digital Text As a New Literacy in Elt: Teachers’ Perception & Practices. ETERNAL (English, Teaching, Learning, and Research Journal), 6(2), 312. https://doi.org/10.24252/eternal.v62.2020.a9

Laksani, H. 2019. Teacher’s Belief about Digital Literacy Based on Theory of Planned Behavior. Teaching and Learning English in Multicultural Contexts (TLEMC), 3(2), 63–73. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/tlemc/article/view/1269

Park, H. R., & Kim, D. 2017. English language learners’ strategies for reading online texts: Influential factors and patterns of use at home and in school. International Journal of Educational Research, 82(October), 63–74. https://doi.org/10.1016/j.ijer .2017.01.002

Pratolo, B. W., & Solikhati, H. A. 2020. The implementation of digital literacy in indonesian suburban EFL classes. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(1), 1508–1512.

Setya R., B. 2020. Panduan Pengabdian Internal Edisi III (00024 07005).

Downloads

Published

2022-09-15

Issue

Section

Articles