Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis STEAM bagi Guru PAUD
DOI:
https://doi.org/10.31537/dedication.v6i2.817Keywords:
STEAM, Pedagogik, Anak Usia DiniAbstract
Pelaksanaan kegiatan pembelajaran di PAUD Sekolah Laboratorium Yasmin sudah mengimplementasikan kegiatan pembelajaran berbasis STEAM. Ada beberapa temuan yang jadi kendala dalam implementasi pembelajaran berbasis STEAM yaitu tentang kemampuan guru dalam merencanakan dan mempersiapkan pembelajaran berbasis STEAM dan pentingnya dukungan dari pengelola lembaga dalam mempersiapkan pelaksanaan pembelajaran berbasis STEAM. Tujuan dari kegiatan ini meningkatkan kompetensi pedagogik guru pendidikan anak usia dini di Sekolah Laboratorium PAUD Yasmin. Metode dalam kegiatan ini yaitu pelatihan penyusunan perancanaan pembelajaran berbasis STEAM. Hasil pengabdian ini adalah meningkatnya kompetensi pedagogik guru pendidikan anak usia dini di sekolah laboratorium PAUD Yasmin. Berupa produk perencanaan pembelajaran berbasis STEAM oleh guru PAUD sekolah Laboratorium Yasmin.
References
Airin, et al. 2021. Pendekatan STEAM sebagai Perencanaan Pembelajaran PAUD. EDUCREATIVE: Jurnal Pendidikan Kreativitas Anak, 6(1).
DeJarnette, N. K. 2018. Implementing STEAM in the Early Childhood Classroom. European Journal of STEM Education, 3(3), 1–9. https://doi.org/ 10.20897/ejsteme/3878
Gunawan, P., Ernawati, A., Hasnawati, Amrullah, F., & Asmar, S. 2020. Model Pembelajaran Steam ( Science , Technology , Engineering , Art , Mathematics ) Dengan Pendekatan Saintifik. Buku, 1–64.
Hadinugrahaningsih, T., RahmawatI, Y., Ridwan, A., Budiningsih, A., Suryani, E., Nurlitiani, A., & Fatimah, C. 2017. Keterampilan Abad 21 dan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Project dalam Pembelajaran Kimia. LPPM Universitas Negeri Jakarta, 1–110.
Herro, D., & Quigley, C. 2017. Exploring teachers’ perceptions of STEAM teaching through professional development: implications for teacher educators. Professional Development in Education, 43(3), 416–438. https://doi.org/10.1080/19415257 .2016.1205507
Jamil, F. M., Linder, S. M., & Stegelin, D. A. 2018. Early Childhood Teacher Beliefs About STEAM Education After a Professional Development Conference. Early Childhood Education Journal, 46(4), 409–417. https://doi.org/10.1007/s10643-017-0875-5
Kemendikbud, D. P. D. 2015. Penyusunan Perencanaan Pembelajaran PAUD.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2014a. Permendikbud No 146 Tahun 2014. http://paud.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2016/04/Permendikbud-146-Tahun-2014.pdf
Kementerian Pendidikan Nasional. 2014b. Permendikbud No 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan Nasional, 8(33), 37.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2014c. Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.33578/jpsbe.v10i1.7699
Lestariningrum, A. 2017. Buku PERENCANAAN PEMBELAJARAN AUD_ISBN_ 9786026135544.pdf. In Adjie Media Nusantara.
Limbong, I., Munawar, M., & Kusumaningtyas, N. 2019. Perencanaan pembelajaran paud berbasis steam ( science, technology, eingeneering, art, mathematic ). Seminar Nasional PAUD 2019, 203–212. http://conference.upgris.ac.id/index.php/Snpaud2019/article/view/450
Mewar, S., Eva, N., & Farida, I. A. 2021. Kesiapan Guru PAUD dalam Menerapkan Pembelajaran STEAM Berbasis Proyek di PAUD Al Ghoniya. Seminar Nasional Psikologi UM, 15–22. http://conference.um.ac.id/index.php/psi/article/view/1802
Purnamasari, I., Handayani, D., & Formen, A. 2020. Stimulasi Keterampilan HOTs dalam PAUD Melalui Pembelajaran STEAM. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 2008, 506–516.
Sadiah, N. H., & Lestari, R. H. 2020. Upaya meningkatkan pengetahuan sains pada anak usia dini melalui pembelajaran steam. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(3), 237–244. https://www.journal.ikipsiliwangi .ac.id/index.php/ceria/article/view/4143
Santika, D, A., Mulyana, E, H., Nur, L. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Model STEM pada Konsep Terapung Melayang Tenggelam untuk Memfasilitasi Keterampilan Saintifik Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia. Vol 4 no 1.Juni 2020 hal 171-184
Simoncini, K., & Lasen, M. 2018. Ideas About STEM Among Australian Early Childhood Professionals: How Important is STEM in Early Childhood Education? International Journal of Early Childhood, 50(3), 353–369. https://doi.org/10.1007/ s13158-018-0229-5
Smith, P. L., & Ragan, T. 2016. Instructional Design, 3rd Edition.
Sujiono, Y. N. 2017. Konsep Dasar PAUD. 14–14. https://news.ddtc.co.id/strategi-pendidikan-pajak-untuk-anak-usia-dini-11555
Tabiin, A. 2020. Implementation of STEAM Method (Science, Technology, Engineering, Arts And Mathematics) for Early Childhood Developing in Kindergarten Mutiara Paradise Pekalongan. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 2(2), 36–49. https://doi.org/10.23917/ecrj.v2i2.9903
Wan, Z. H., Jiang, Y., & Zhan, Y. 2021. STEM Education in Early Childhood: A Review of Empirical Studies. Early Education and Development, 32(7), 940–962. https://doi.org/10.1080/10409289.2020.1814986
Yakman, G. 2008. STEAM Education: An Overview of Creating a Model of Intergrative Education. Tesis, 53(9), 1689–1699.