Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK Di Desa Kedungotok Tembelang Jombang Melalui Program Kewirausahaan dan Digital Marketing
DOI:
https://doi.org/10.31537/dedication.v6i2.816Keywords:
Pemberdayaan, Program Kewirausahaan, Digital Marketing, UMKMAbstract
Tujuan kegiatan pengabdian ini antara lain: a)meningkatkan pengetahuan/ wawasan mengenai inovasi produk kewirausahaan untuk UMKM dan b) meningkatkan strategi pemasaran produk usaha kecil yang ada di Desa Kedungotok melalui media onlien. Metode pendekatan untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini meliputi metode ceramah dan diskusi melalui kegiatan sosialisasi. Kegiatan sosialisasi mengenai program kewirausahaan dan digital marketing. Kegiatan ini dilaksanakan di lembaga Pemerintahan Desa Kedungotok Kabupaten Jombang dengan jumlah sekitar 20 orang yang dilaksanakan pada tanggal 02-14 November 2021. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa a)pengetahuan peserta tentang kewirausahaan dan digital marketing meningkat sebesar 23,75% dimana pemahaman peserta sebelum sosialisasi sebesar 60,00% dan pemahaman peserta setelah sosialisasi sebesar 83,75%, dan b)menumbuhkan gairah dalam berwirausaha melalui jaringan yang luas yaitu web dan media social (facebook, instagram, whatapp, dan lain-lain). Tim pelaksana berharap pelaku usaha mikro di Desa Kedungotok untuk selalu giat berkonsultasi dan membuka jejaring komunikasi dengan para pelaku usaha yang sudah mapan.
References
Farida, N., Ratnawati, T., & Puri, L. M. 2021. Pelatihan Berwirausaha melalui Digital Marketing.Sinar Sang Surya (Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 1–9.
Febriandirza, A., Irwiensyah, F., Hasan, F. N., & Indriyanti, P. 2021. Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing dan Manajemen Kewirausahaan bagi Pelaku UMKM dengan menggunakan Aplikasi Google My Business.Jurnal SOLMA, 10(1), 224–231.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. 2018. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Kumala, D., Novianti, Y., & Safitri, N. 2020. Pelatihan Kewirausahaan dan Pemasaran Bagi Pengurus Koperasi Usaha Kecil & Menengah di Kelurahan Tugu Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 6–9.
Kurniawan, E., & Maharani, D. 2021. Sosialisasi Digital Marketing Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk UMKM. Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat, 1(1), 31–36.
Maulidasari, C. D., & Setiyana, R. 2020. Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), 63–73. https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i1.2050
Nugrahaningsih, P., Hanggana, S., Murni, S., Hananto, S. T., Asrihapsari, A., Syafiqurrahman, M., Zoraifi, R., & Hantoro, S. 2021. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Kewirausahaan dan Pemasaran Digital Pada BUMDes Blulukan Gemilang. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 8–14. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.29574
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. 2017. Pemanfataan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit.Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.
Putra, I. A., Ma’arif, I. B., & Prihatiningtyas, S. 2019. Pelatihan Pembuatan Media Belajar Sains Berbasis Ramah Lingkungan Bagi Guru SD/MI di Wilayah Jombang. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin (SNAMI) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah, 2, 352–356.
Putra, I. A., Prihatiningtyas, S., & Ma’arif, I. B. 2019. Sosialisasi Media Belajar Sains Berbasis Ramah Lingkungan Bagi Guru SD/MI Di Wilayah Jombang. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat (JPPM), 7(2), 12–16.