Pendampingan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Penguatan Kinerja Guru Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.31537/dedication.v6i2.815Keywords:
Penyusunan PTK, Penguatan Kinerja GuruAbstract
Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk pendampingan penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk penguatan kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah. Guru memiliki tugas utama melaksanakan pembelajaran dengan sebaik-baiknya agar dapat mengembangkan semua potensi peserta didik secara optimal. Jika guru memahami tugas tersebut, guru akan selalu memperbaiki pembelajarannya hingga menemukan sistem pembelajaran yang terbaik. Upaya melakukan peningkatan kualitas pembelajaran, sebenarnya sudah terkandung unsur PTK. Guru terlibat dalam refleksi tentang masalah ini, mengumpulkan dan menganalisis data, serta menerapkan perubahan atau sebuah rencana tindakan berdasarkan temuan mereka dan menulis laporan penelitian tindakan (PTK) tersebut. Adapun rencana pelaksanaan kegiatan Pk Mini terdiri dari empat tahapan, yaitu (1) koordinasi pelaksanaan, (2) sosialisasi program, (3) pelaksanaan, dan (4) evaluasi hasil kegiatan. Hasil dari kegiatan ini mendapatkan respon yang sangat baik dimana guru bisa mendapatkan pengalaman tentang bagaimana membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang baik dan membuat laporan dari penelitian tersebut.
References
Agustina, L; Utomo, BT; Lovi, C. 2018. Improving Mathematic Abilityand Student Learning Outcomes Through Realistic Mathematic Education (RME) Approach. International Journal of Engineering & Technology. 7 (2). 55-57
Ahmadi, F; Widihastrini; Widhanarto, GP. 2018. IBM Guru Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Peningkatan Ketrampilan Menulis Artikel Penelitian Tindakan Kelas. ABDIMAS. 22 (2). 137-142
Anshari. 2010. Transformasi Pendidikan Islam. Jakarta: Gaung Persada Press
Astutik, S; Subiki; Bektiarso, S. 2021. Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru SMAN Panarukan Situbondo. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. 1 (1). 54-62
Bahri, SD. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Chairunnisa, C; Istaryatiningtyas; Khuluqo, IE. 2020. Pemberdayaan Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat. 3 (1). 22-30
Creswell, JW. 2012. Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed). Boston: Pearson Education
Hopkins, D. 1993. A Teacher’s Guide to Classroom Research (2nd Ed). Buckingham: Open University Press
Supriyanto, A. 2017. Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penulisan Karya Ilmiah Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Abdimas Pedagogi. 1 (1). 17
Wanabuliandari,S; Ardianti, SD; Fakhriyah, F. 2020. Pengabdian PTK untuk Guru di SD I Tumpang Krasak dengan Teknik Participant Active Learning. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2 (1). 209 – 214 .