Pendampingan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Penguatan Kinerja Guru Madrasah

Authors

  • Lady Agustina Universitas Muhammadiyah Jember
  • Widya Oktarini Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/dedication.v6i2.815

Keywords:

Penyusunan PTK, Penguatan Kinerja Guru

Abstract

Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk pendampingan penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk penguatan kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah. Guru memiliki tugas utama melak­sanakan pembelajaran dengan sebaik-baiknya agar dapat mengembangkan semua potensi peserta didik secara optimal. Jika guru me­mahami tugas tersebut, guru akan selalu memperbaiki pembelajarannya hingga men­emukan sistem pembelajaran yang terbaik. Upaya melakukan peningkatan kualitas pem­belajaran, sebenarnya sudah terkandung unsur PTK. Guru terlibat dalam refleksi tentang masalah ini, mengum­pulkan dan menganalisis data, serta menerap­kan perubahan atau sebuah rencana tindakan berdasarkan temuan mereka dan menulis lapo­ran penelitian tindakan (PTK) tersebut. Adapun rencana pelaksanaan kegiatan Pk Mini terdiri dari empat tahapan, yaitu (1) koordinasi pelaksanaan, (2) sosialisasi program, (3) pelaksanaan, dan (4) evaluasi hasil kegiatan. Hasil dari kegiatan ini mendapatkan respon yang sangat baik dimana guru bisa mendapatkan pengalaman tentang bagaimana membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang baik dan membuat laporan dari penelitian tersebut.

References

Agustina, L; Utomo, BT; Lovi, C. 2018. Improving Mathematic Abilityand Student Learning Outcomes Through Realistic Mathematic Education (RME) Approach. International Journal of Engineering & Technology. 7 (2). 55-57

Ahmadi, F; Widihastrini; Widhanarto, GP. 2018. IBM Guru Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Peningkatan Ketrampilan Menulis Artikel Penelitian Tindakan Kelas. ABDIMAS. 22 (2). 137-142

Anshari. 2010. Transformasi Pendidikan Islam. Jakarta: Gaung Persada Press

Astutik, S; Subiki; Bektiarso, S. 2021. Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru SMAN Panarukan Situbondo. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. 1 (1). 54-62

Bahri, SD. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Chairunnisa, C; Istaryatiningtyas; Khuluqo, IE. 2020. Pemberdayaan Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat. 3 (1). 22-30

Creswell, JW. 2012. Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed). Boston: Pearson Education

Hopkins, D. 1993. A Teacher’s Guide to Classroom Research (2nd Ed). Buckingham: Open University Press

Supriyanto, A. 2017. Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penulisan Karya Ilmiah Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Abdimas Pedagogi. 1 (1). 17

Wanabuliandari,S; Ardianti, SD; Fakhriyah, F. 2020. Pengabdian PTK untuk Guru di SD I Tumpang Krasak dengan Teknik Participant Active Learning. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2 (1). 209 – 214 .

Downloads

Published

2022-09-15

Issue

Section

Articles