Sosialisasi Pendidikan Demokrasi pada Pemilih Pemula

Authors

  • Irma Irayanti IAIN Kendari
  • Ipandang Ipandang IAIN Kendari
  • Ahmadi Ahmadi IAIN Kendari
  • Maulana Malik Ibrahim IAIN Kendari
  • Abdul Wahid IAIN Kendari

DOI:

https://doi.org/10.31537/dedication.v6i2.814

Keywords:

Pemilih Pemula, Pendidikan Demokrasi, Sosialisasi

Abstract

Tahun 2024, Indonesia akan memasuki tahun pesta demokrasi sebagai sumber kekuatan politik yang mengakomodir kedaulatan rakyat demi keterwakilan yang adil. Pemilih pemula merupakan “hal yang seksi” yang diperebutkan oleh partai politik. Oleh karena itu, sasaran pengabdian masyarakat ini adalah siswa kelas XII SMA yang baru akan memiliki pengalaman pertama dalam memilih. Metode yang digunakan adalah sosialisasi langsung ke sekolah sasaran yakni SMAN 13 Konawe Selatan. Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terkait pemilu baik syarat maupun implikasi pelaksaan pemilihan umum bagi para siswa yang memiliki hak suara.Sosialisasi ini merupakan ajang untuk menambah pengetahuan para siswa dalam menghadapi demokrasi di Indonesia utamanya pada pemilihan umum yang akan mereka hadapi untuk pertama kalinya.

References

Dobbs, K. L. 2021. Active on the street but apathetic at the ballot box? Explaining youth voter behaviour in Tunisia’s new democracy. British Journal of Middle Eastern Studies, 1–22. https://doi.org/10.1080/13530194.2021.1962243

Hemafitria, H., & Rianto, H. 2016. Pembelajaran Pkn Sebagai Pendidikan Politik Pemilih Pemula. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 175–189.

Hylton, M. E., Lane, S. R., Smith, T. R., Ostrander, J., & Powers, J. 2021. The Voter Engagement Model: Preparing the Next Generation of Social Workers for Political Practice. Journal of Social Work Education, 1–15. https://doi.org/10.1080/ 10437797.2021.2009945

Primadi, A., Efendi, D., & Sahirin, S. 2019. Peran Pemilih Pemula Dalam Pengawasan Pemilu Partisipatif. Journal of Political Issues, 1(1), 63–73. https://doi.org/10.33019/jpi.v1i1.7

Rahman, A. 2018. Konsep Dasar Pendidikan Politik bagi Pemilih Pemula melalui Pendidikan Kewarganegaraan. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 44–51.

Rahmatunnisa, M. 2017. Mengapa Integritas Pemilu Penting. Jurnal Bawaslu, 3(1), 1–11.

Rohendi, R., & Muzzamil, F. 2021. Tipologi Pemilih Pemula pada Pilkada Jabar 2018: Studi tentang Tipe Pemilih dari Kalangan Remaja di Kabupaten Purwakarta. Jurnal Adhyasta Pemilu, 4(1), 46–65.

Suryanef, S., & Rafni, A. 2015. Pendidikan Pemilih (Voter’s Education) Bagi Pemilih Pemula Serta Urgensinya Dalam Pembangunan Demokrasi. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi Dan Humaniora, 5(1), 571–576.

Wijayanti, S. K. 2020. Peran KPU Kota Surakarta Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula Pada Pemilu Serentak Tahun 2019. Solidaritas, 4(2).

Williams, B. D. 2020. Early voting, direct democracy, and voter mobilization. Social Science Journal, 57(3), 334–349. https://doi.org/10.1016/j.soscij.2019.08.005.

Downloads

Published

2022-09-15

Issue

Section

Articles