Pelatihan Penerapan Pembelajaran Blended learning untuk Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31537/dedication.v6i1.664Keywords:
Pelatihan, blended learning, guru, SDAbstract
Kegiatan ini dilatarbelakangi banyaknya permasalahan yang dihadapi oleh guru SD dalam melaksanakan proses pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemic covid-19. Permasalahan ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan dan keterampilan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran tatap muka terbatas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam melaksanakan proses blended learning pada proses pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemic covid-19. Kegiatan ini dilaksanakan untuk guru SD kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar sebanyak 30 orang. Kegiatan ini meliputi seminar hakikat pembelajaran Blended learning dan pelatihan penerapan pembelajaran blended learning untuk pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Hasil kegiatan ini adalah terjadinya peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam melaksankan proses blended learning pada proses pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemic covid-19. Implikasi pengabdian ini dapat dijadikan sebagai landasan bagi praktisi pendidikan untuk meningkatkan kualitas guru dalam menghadapi pembelajaran pada masa pandemic covid-19 ini.
References
Bahar, H., Setiyaningsih, D., Nurmalia, L., & Astriani, L. 2020. Efektifitas Kahoot Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2): 155-162.
Basar, A. M. 2021. Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19:(Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri–Cikarang Barat–Bekasi). Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1): 208-218.
Budiyono, F. 2020. Implementasi Blended learning di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi.
Chusna, P. A., & Utami, A. D. M. 2020. Dampak pandemi COVID-19 terhadap peran orang tua dan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran daring anak usia sekolah dasar. Premiere: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1): 11-30.
Eliyasni, R., Kenedi, A. K., & Sayer, I. M. 2019. Blended learning and Project Based Learning: The Method to Improve Students’ Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 4(2): 231-248.
Fitria, Y., & Kenedi, A. K. 2021. The Need of Blended learning in Ecoliteration in the Era of Revolution of Industry 4.0 for College. In ICONEBS 2020: Proceedings of the First International Conference on Economics, Business and Social Humanities, ICONEBS 2020, November 4-5, 2020, Madiun, Indonesia (p. 131). European Alliance for Innovation.
Helsa, Y., & Kenedi, A. K. 2019. Edmodo-Based Blended learning Media in Learning Mathematics. Journal Of Teaching And Learning In Elementary Education (JTLEE), 2(2): 107-117.
Hendri, S., Helsa, Y., Anita, Y., & Kenedi, A. K. 2019. Pelatihan Penilaian Otentik dan Penggunaan Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar. Jurnal Halaqah, 1(4): 446-459.
Jannah, K., & Pahlevi, T. 2020. Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Higher Order Thinking Skills Berbantuan Aplikasi" Kahoot!" Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Penanganan Surat Masuk Dan Surat Keluar Jurusan OTKP Di SMK Negeri 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1): 108-121.
Kenedi, A. K., Eliyasni, R., & Fransyaigu, R. 2019. Jigsaw using animation media for elementary school. In Journal of Physics: Conference Series, 1424(1): 012027. IOP Publishing.
Kiswanto, A. 2017. The effect of learning methods and the ability of students think logically to the learning outcomes on natural sciences of grade ivs student. In 9th International Conference for Science Educators and Teachers (ICSET 2017) (pp. 1040-1046). Atlantis Press.
Lestari, P. A. S., Gunawan, G., & Yulianci, S. 2020. Effectiveness of Online Lectures Using Digital Platform During the Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Applied Science and Technology, 1(3): 107-115.
Patmawati, S., Misdalina, M., & Fitriasari, P. 2019. Penggunaan social network schoology pada e-learning. In National Conference on Mathematics Education 2019, 1(1): 117-122.
Qotrunnada, A., & Khasanah, N. 2021. Blended learning: Solusi Model Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 1(1): 1-14.
Rachmadtullah, R., Marianus Subandowo, R., Humaira, M. A., Aliyyah, R. R., Samsudin, A., & Nurtanto, M. 2020. Use of blended learning with moodle: Study effectiveness in elementary school teacher education students during the COVID-19 pandemic. International journal of advanced science and technology, 29(7): 3272-3277.
Santoso, S. A., & Chotibuddin, M. 2020. Pembelajaran Blended learning Masa Pandemi. Jakarta; Penerbit Qiara Media.
Sufia, R., & Lestari, U. N. 2020. Implementasi Blended learning Selama Masa Pandemi Covid-19 Untuk Menumbuhkan Kemandirin Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SD YP Nasional Surabaya. JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(2): 103-110.
Susanti, D. I., & Prameswari, J. Y. 2020. Adaptasi Blended learning di Masa Pandemi COVID-19 untuk Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Lingua Susastra, 1(2): 50-61.
Susilo, G., & Pancarani, N. 2020. Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended learning Mata Kuliah Kalkulus Lanjut Era Pandemi Covid-19. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1): 37-48.