Pembimbingan Belajar Informal Bagi Siswa PAUD, TK, SD, dan SMP Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Hambala

Authors

  • Imanuel Yohanes Nggalamau Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Jenita Anggriana Ngallu Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Amin Rais Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Edeltrudis Milo Watu Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Willeyms A. L Wungo Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Omri Waang Sir Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Marthen Njalapati Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Bodung Umbu Ngaru Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Marselina Lawa Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Esiana Padu Ewut Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Zulfikar Umar Nanyetu Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Linda Rambu Kuba Yowi Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

DOI:

https://doi.org/10.31537/dedication.v6i1.663

Keywords:

Covid-19, Bimbingan Belajar, Siswa

Abstract

Selama pandemi Covid-19, siswa harus belajar online dari rumah. Namun, kegiatan pembelajaran online kurang efektif dari rumah karena kurangnya perhatian dan kontrol orang tua dalam mendampingi anaknya selama proses pembelajaran. Oleh karena itu, kegiatan pendampingan pembelajaran informal bagi siswa PAUD, TK, SD, dan SMP dirasa penting untuk dilakukan secara offline (tatap muka). Tujuan kegiatan pendampingan pembelajaran informal adalah untuk mendukung siswa pra sekolah, TK, SD, dan SMP agar mampu memahami mata pelajaran yang diberikan oleh guru di sekolah. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah dengan mengumpulkan beberapa siswa yang tinggal dekat dengan lokasi yang sama atau datang ke rumah siswa dan membimbing mereka dalam proses pembelajaran, terutama mengajar mata pelajaran. Dalam hal ini kegiatan pembelajaran tetap memperhatikan protokol kesehatan. Hasil kegiatan bimbingan belajar menunjukkan bahwa kegiatan ini telah memberikan dampak yang baik untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran di sekolah.

References

Arum, Annisa Etika dan Endang Susilaningsih. 2020. Pembelajaran Daring dan Kajian Dampak Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Kecamatan Muncar. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES. Semarang: Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.
Choiroh, Nisaul. 2020. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring/E-Learning Dalam Pandangan Siswa. (Online). (https://iain-surakarta.ac.id), Diakses pada tanggal 15 Juni 2021.
Fatimah, Dewi. 2021. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Jambi: Universitas Jambi.
Kurniawati, Endri. 2020. Dampak Negatif dan Positif Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19. (Online). (https://metro.tempo.co), Diakses pada tanggal 7 Juli 2021.
Surat Edaran Permendikbud Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid- 19).

Downloads

Published

2022-03-24

Issue

Section

Articles