Pembimbingan Belajar Informal Bagi Siswa PAUD, TK, SD, dan SMP Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Hambala
DOI:
https://doi.org/10.31537/dedication.v6i1.663Keywords:
Covid-19, Bimbingan Belajar, SiswaAbstract
Selama pandemi Covid-19, siswa harus belajar online dari rumah. Namun, kegiatan pembelajaran online kurang efektif dari rumah karena kurangnya perhatian dan kontrol orang tua dalam mendampingi anaknya selama proses pembelajaran. Oleh karena itu, kegiatan pendampingan pembelajaran informal bagi siswa PAUD, TK, SD, dan SMP dirasa penting untuk dilakukan secara offline (tatap muka). Tujuan kegiatan pendampingan pembelajaran informal adalah untuk mendukung siswa pra sekolah, TK, SD, dan SMP agar mampu memahami mata pelajaran yang diberikan oleh guru di sekolah. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah dengan mengumpulkan beberapa siswa yang tinggal dekat dengan lokasi yang sama atau datang ke rumah siswa dan membimbing mereka dalam proses pembelajaran, terutama mengajar mata pelajaran. Dalam hal ini kegiatan pembelajaran tetap memperhatikan protokol kesehatan. Hasil kegiatan bimbingan belajar menunjukkan bahwa kegiatan ini telah memberikan dampak yang baik untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran di sekolah.
References
Choiroh, Nisaul. 2020. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring/E-Learning Dalam Pandangan Siswa. (Online). (https://iain-surakarta.ac.id), Diakses pada tanggal 15 Juni 2021.
Fatimah, Dewi. 2021. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Jambi: Universitas Jambi.
Kurniawati, Endri. 2020. Dampak Negatif dan Positif Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19. (Online). (https://metro.tempo.co), Diakses pada tanggal 7 Juli 2021.
Surat Edaran Permendikbud Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid- 19).