Pendampingan Pemanfaatan Aplikasi Untuk Penilaian Pembelajaran Secara Daring Bagi Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31537/dedication.v5i2.544Keywords:
Aplikasi, Daring, Penilaian PembelajaranAbstract
Pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 ini menemui banyak kendala. Guru SD 3 Peganjaran belum memanfaatkan aplikasi penilaian secara daring karena belum mampu beradaptasi dengan kondisi yang ada. Guru juga tidak memiliki pengetahuan untuk membuat penilaian secara daring. Tujuan kegiatan ini adalah: (1) memberikan pelatihan pemanfaatan aplikasi untuk penilaian pembelajaran secara daring; dan (2) memberikan pendampingan pemanfaatan aplikasi untuk penilaian pembelajaran secara daring bagi guru SD 3 Peganjaran. Metode dalam pengabdian ini menggunakan pendekatan participant active learning (peserta berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan pelatihan dan pendampingan pembuatan instrumen penilaian daring). Setelah kegiatan ini, guru – guru SD 3 Peganjaran memperoleh: 1) pengetahuan tentang penilaian pembelajaran secara daring dengan aplikasi; dan 2) pembuatan instrumen penilaian pembelajaran secara daring dengan aplikasi. Luaran kegiatan ini yaitu berupa beberapa instrumen penilaian pembelajaran daring yang telah dikembangkan oleh guru SD 3 Peganjaran.
References
Nugraha, A. S. 2020. "Kearifan Lokal dalam Menghadapi Pandemi Covid-19: Sebuah Kajian Literatur". Sosietas Jurnal Pendidikan Sosiologi, 10(1): 745–753. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/sosietas.v10i1.26063.
Rigianti, H. A. 2020. "Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara". Elementary School, 7(2): 297–302. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.777.
Taufiq, A. 2019. "Perspektif Tentang Perkembangan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur". Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 3(2): 88-89.