Pelatihan Pembuatan E-Modul Terintegrasi Media Pembelajaran Untuk Menunjang Kompetensi Inovatif Guru Di SMPN 3 Merauke

Authors

  • Rikardus Feribertus Nikat Universitas Musamus Merauke
  • Novike Bela Sumanik Universitas Musamus Merauke

DOI:

https://doi.org/10.31537/dedication.v5i2.543

Keywords:

Pelatihan, E-modul, Guru Inovatif

Abstract

E-modul merupakan salah satu media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi digital. Sebagai salah satu media pembelajaran yang menarik dan efektif, guru diharapkan mampu mengaplikasikan e-modul dalam pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil observasi pada system pembelajaran di sekolah mitra, ada beberapa permaslahan yang muncul. Pertama, pembelajaran masih menggunakan buku teks sebagai media ajar sehingga siswa hanya bias mempelajarinya jika membawa buku teks tersebut. Kedua, belum ada media yang dapat diakses oleh siswa selama masa pendemi Covid-19. Pelatihan penggunaan e-modul sebagai media ajar yang inovatif sesuai dengan era indutri 4.0 pada guru SMP Negeri 3 Merauke sebagai mitra sasaran. Pengabdian ini menggunakan metode berupa praktik, teori, ceramah, dan Fokus Group Discusion (FGD) dengan guru. Kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh guru-guru yang mengajar di SMP 3 Merauke. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah tersampaikannya keterampilan Guru dalam pembuatan e-modul untuk menunjang kompetensi inovatif guru dalam sistem pembelajaran.

References

Holiwarni, B, Azmi. J. 2017. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Book Untuk Pembelajaran Kimia SMA Pokok Bahasan Struktur Atom”. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(1).
Kemendiknas. 2010. Panduan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan dasar dan Menengah.
Mentari, D, Sumpono, Ruyani, A. 2018. “Pengembangan media pembelajaran e-book berdasarkan hasil riset elektroforesis 2-d Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa”. Journal of Science Education, 2 (2): 131-134.
Nurjannati, N, Rahmad, M & Irianti M. 2017. “Pengembangan E-Modul Berbasais Literasi Sains Pada Materi Radiasi Elektromagnetik”. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 4 (2):1-11.
Oktavia, B, Zainul, R, Guspatni, Putra A. 2018. Pengenalan Dan Pengembangan E-Modul Bagi Guru-Guru Anggota MGMP Kimia Dan Biologi Kota Padang Panjang. DOI-10.312227/osf.io/yhau2.
Purwaningtyas, Dwiyogo, W, Hariyadi, I. 2017. “Pengembangan Modul Elektronik Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Kelas Xi Berbasis Online Dengan Program Kelas XI Berbasis Online Dengan Program Edmodo”. Jurnal Pendidikan, 2(1): 121-129.
Syahrial, Arial, Kurniawan, D, Okta, S. 2019. “E-Modul Etnokontruktivisme: Implementasi Pada Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau Dari Persepsi, Minat Dan Motivasi”. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(1): 165-177. DOI.org/10.2100 9/jtp.v21i2.11030
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2021-10-04

Issue

Section

Articles