Pendampingan Guru di Lingkungan PAUD Dengan Menggunakan Model Permainan Ular Tangga Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Eky Prasetya Pertiwi Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Ianatuz Zahro Universitas PGRI Argopuro Jember
  • H.B.A Jayawardana Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/dedication.v5i2.541

Keywords:

Pendampingan, Model Permainan Edukatif, Ular Tangga, Covid-19

Abstract

Pendidikan TK merupakan wadah untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak didik sesuai sifat-sifat alami anak, oleh karena itu maka pendidikan taman kanak-kanak dapat berkembang seluruh aspek kepribadiannya melalui proses bermain. Pembelajaran dengan bermain sangat cocok diterapkan pada siswa anak usia dini. Media permainan perlu diterapkan pada implementasi pembelajaran AUD. Salah satunya adalah permainan edukatif ular tangga. Semua siswa sangat antusias dalam melakukan permainan ular tangga sehingga menimbulkan motivasi yang tinggi terutama ketika ada pertanyaan dan perintah dari setiap kotak ular tangga. Konsep dengan mudah di tuangkan dalam kolom-kolom permainan yang ada di ular tangga. Pelaksanaan kegiatan pendampingan dilaksanakan di TK ABA dan Aula Kampus IKIP PGRI Jember. Prosedur kerja yang ditawarkan adalah berupa pendampingan guru TK (pada aspek perkembangan sosial emosi) pada masa pandemic Covid-19. Hasil kegiatan pendampingan menunjukkan bahwa siswa sangat antusias dan semangat dalam melakukan pembelajaran permainan ular tangga yang edukatif, sehingga mampu memberikan konsep materi yang disampaikan.

References

Depdiknas. 1994. Kurikulum standar Kompetensi TK dan RA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Mujib, F., dan Rahmawati, N. 2013. Metode Permainan-Permainan Eduktif Dalam Belajar. Yogyakarta: DIVA Pres.
Nisa, Khoerunnisa. 2015. "Optimalisasi Metode Bermain Peran dengan Menggunakan Alat Permainan Edukatif Dalam Mengasah Percaya Diri Anak Usia Dini". Lentera, 18(1).
Prasetyo. 2015. Konsep dan Teori Pemberdayaan Masyarakat. https://www.bastamanography.id/teori-tentang-pemberdayaan-masyarakat/. (diakses tanggal 29 Juli 2020).

Downloads

Published

2021-10-04

Issue

Section

Articles