Pelatihan Packaging dan Branding Untuk Meningkatkan Nilai Jual Kopi Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Darussholah Desa Serut Kec. Panti Kab. Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/dedication.v5i2.540Keywords:
packaging, branding, Kopi SantriAbstract
Pondok Pesantren Darussholah yang mempunyai NSPP 510035090361 tersebut berdiri pada tahun 1900. Pondok Pesantren tersebut beralamat di Panti, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Berdasarkan hasil diskusi dan obseservasi dengan pengasuh dan santri ternyata: (1) selama ini santri hanya mengkaji kitab-kitab kuning atau dengan kata lain tidak membekali santri untuk mempunyai keterampilan selepas mereka lulus dari pondok dan melanjutkan kehidupan; (2) santri mempunyai keterampilan meracik kopi tetapi tidak mengetahui cara memasarkannya sehingga selama ini kopi hanya dinikmati sendiri serta untuk tamu yang datang dan kebetulan pada saat kami bertamu ke sana dibuatkan kopi; (3) belum pernah ada pelatihan terkait strategi pemasaran khususnya terkait packaging dan branding bagi santri. Kegiatan ini bertujuan memberikan solusi melalui pelatihan packaging dan branding untuk meningkatkan nilai jual kopi santri sehingga dapat membantu pemenuhan kebetuhan pondok pesantren secara ekonomi selain menumbuhkan jiwa entrepreneur bagi santri. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme yang tinggi dari santri yang mengikuti pelatihan ini. Santri memiliki pemahaman dan keterampilan terkait strategi packaging dan branding sehingga dapat meningkatkan nilai jual kopi santri.
References
Kartajaya, H. 2010. Brand Operation the Official MIM Academy Course Book. Jakarta: Essensi Erlangga Group.
Klimchuk, M. & Sandra A. Krasovec. 2006. Desain Kemasan. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. 2000. Marketing Management Millenium Edition. Prentice Hall International Inc.
Kotler, Philip & Armstrong, Gary. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.
Kotler, Phillip & Amstrong, Gary. 1996. Principles of Marketing. Prentice Hall Inc.
Mas’ud, A. 2000. Pesantren dan Walisongo: Sebuah Interaksi dalam Dunia Pendidikan dalam Islam dan Kebudayaan Jawa. Yogjakarta: Penerbit Gama Media.
Muhakamurrohman, A. 2014. “Pesantren: Santri, Kyai dan Tradisi”. Jurnal kebudayaan Islam, 12 (2): 112-114.
Simamora, Bilson. 2007. Panduan Riset dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia.
Swastha, B & Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Wahid, A. 2001. Menggerakkan Esai-esai Pesantren. Jakarta: LKis
Wijayanti, Titik. 2012. Management Marketing Plan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Zarkasy. 1998. Teori: Pengertian Pondok Pesantren.___________.
Zuhriy, M. S. 2011. Budaya Pesantren dan Pendidikan Karakter Pada Pondok Pesantren Salaf. Walisongo.