Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Bagi Guru Ma’arif Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/dedication.v5i2.536Keywords:
Video Pembelajaran, Kinemaster, GuruAbstract
Pandemi COVID-19 telah menyebabkan gangguan yang selama ini belum pernah terjadi pada pendidikan namaun pelaksanaan pembelajaran harus tetap berjalan maka guru dituntut harus mampu membuat video pembelajaran yang dapat dijadikan media pembelajaran yang dapat di operasikan oleh peserta didik dari rumah secara efektif. Tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam pembuatan video pembelajaran menggunakan aplikasi kinemaster. Pelaksanaan pengabdian dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2020 dengan metode tatap muka terbatas yang diikuti oleh 20 guru taman kanak-kanak dilingkungan Lembaga Pendidikan (LP) Ma’rif Jember. Dari pengabdian ini diperoleh hasil kemampuan 85 % (18) peserta sudah bisa membuat video secara mandiri ini dibuktikan dengan peserta yang mengumpulkan video pembelajaran yang telah dihasilkan. Hasilnya tergolong sudah baik karena sudah memasukkan unsur video, teks animasi dan latar. Pelaksanaan kegiatan ini dinilai oleh peserta sangat bermanfaat karena kegiatan ini sangat sesuai dengan apa yang dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi ini.
References
Darnawati, D., Irawaty, I., & Uke, W. A. S. 2021. "Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Kinemaster dan Screencast O Matic". E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(1): 100–105. https://doi.org/10.26877/E-DIMAS.V12I1.7204.
Haryudin, A., & Imanullah, F. 2021. "THE UTILIZATION OF KINEMASTER APPLICATIONS IN THE MAKING OF MULTIMEDIA BASED TEACHING MATERIALS FOR ENGLISH E-LEARNING IN NEW NORMAL (COVID-19)". PROJECT (Professional Journal of English Education), 4(2): 341. https://doi.org/10.22460/PROJECT.V4I2.P341-352.
Indriani, E., & Pangaribuan, T. R. 2020. "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KINEMASTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP SWASTA MUHAMMADIYAH 05 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020". Basastra, 9(2): 154. https://doi.org/10.24114/BSS.V9I2.19690.
Salamah, W. 2020. "Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Proses Pembelajaran". Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3).
Unesco. 2021. Education: From disruption to recovery. Unesco. https://en.unesco.org/covid19/educationresponse.
Zhao, Y., & Watterston, J. 2021. "The changes we need: Education post COVID-19". Journal of Educational Change, 22(1),https://doi.org/10.1007/s10833-021-09417-3.