Pelatihan Media Pembelajaran Interaktif Pada Guru SMP Mambaul Ulum Kabupaten Lamongan

Authors

  • Abdul Kholiq Universitas Islam Lamongan
  • Dian Luthfiyati Universitas Islam Lamongan
  • Riya Risqi Setyaningrum Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.31537/dedication.v5i2.535

Keywords:

Pelatihan, Media pembelajaran, media pembelajaran interaktif

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh guru SMP Mambaul Ulum adalah kurangnya penggunaan media interkatif dalam proses belajar mengajar. Hal tersebut dikarenakan masih minimnya pemahaman mereka tentang perlunya penggunaan media dalam pengajaran. Padahal dalam proses belajar mengajar, sangat penting untuk menggunakan media agar siswa lebih terpacu dalam belajar dan dapat meningkatkan semangat belajar. Hal inilah yang mendasari program kemitraan stimulus Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Guru SMP  Mambaul Ulum Lamongan dirancang agar dapat mengatasi permasalahan tersebut. PKMS ini akan dilakukan menjadi tiga tahapan pelaksanaan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan kegiatan dan tahap pasca kegiatan. Adanya PKMS ini dapat memberikan gambaran pada guru SMP Mambaul Ulum dalam menghasilkan media pembelajaran sehingga proses belajar mengajar lebih berkualitas.

References

Agustina, L.; Adi, G. S. 2021. “Sosialisasi Metode Pembelajaran Efektif Serta Penerapan Prokes Dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka”. Jurnal Dedication, 5: 35-40.
Arsyad, A., 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Komara E. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: PT Refika Aditama.
Sanjaya, W. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Wena, Made. 2016. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-10-04

Issue

Section

Articles