Berbagi Solusi, Mahasiswa KKN UNEJ BTV II Dampingi Digitalisasi Kejar Paket

Authors

  • Gensen Brianda Rusoneri Universitas Jember
  • Yudha Nurdian Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/dedication.v5i2.532

Keywords:

Covid-19, Aplikasi Daring, Guru

Abstract

Kabupaten Trenggalek merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Jawa Timur. Kecamatan Trenggalek merupakan sebuah kecamatan penghasil jajanan tradisional khas Trenggalek seperti tempe kripik dan alen-alen terbesar di Kabupaten Trenggalek. Adanya pandemi Covid-19 ini berdampak pada sektor pendidikan formal maupun informal. Dimana pemerintah meniadakan seluruh pembelajaran tatap muka dan digantikan dengan pembelajaran secara daring. Perubahan sistem pembelajaran ini menimbulkan kendala seperti tidak tersedianya fasilitas pendukung maupun kurang pahamnya mengenai media online. Adanya kendala dalam proses pembelajaran daring ini tentunya dibutuhkan suatu Inovasi yang dapat mendukung metode pembelajaran anak sekolah secara daring. Inovasi pembelajaran yang akan diterapkan kepada guru untuk kemudian dipraktikan kepada murid yaitu dengan melalui aplikasi Google Classroom, Bandicam, HandBrake, Google Form, Quizziz dan Kahoot. Diharapkan dengan adanya program KKN “Back To Village” ini dapat memberikan Inovasi dan Evaluasi selama pendampingan dan praktik Inovasi Pendukung Pembelajaran Anak Sekolah Saat Covid-19.

References

Aprilia, R. dan Y. Nurdian. 2020. “Pendampingan dan Peningkatan Kecakapan Guru, Wali Murid, Dan Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19”. Monsu’ani Tano Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2) :86-95.
Pengelola Web Kemendikbud. 2020. Penyesuaian Keputusan Bersama Empat Menteri tentang Panduan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. [online]. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/penyesuaian-keputusan-bersama-empat-menteri-tentang-panduan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19 [diakses 4 Maret 2021].
Perubahan SKB 4 Menteri Tahun 2020. Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 Dan Tahun Akademik 2020/2021 Di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan; Kementrian Agama; Kementrian Kesehatan; Kementrian Dalam Negeri.
PP No. 21 Tahun 2020. Tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019. Jakarta: Pemerintah Pusat.
Subekti, Adaninggar Septi dan Lemmuela Alvita Kurniawan. 2020. “Pelatihan Mendesain Pembelajaran Daring Menarik Selama Pandemi Covid-19 dengan Teknologi Pembelajaran Sederhana”. DINAMISIA Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4): 588-595.
Zulhaenah, K. dan Y. Nurdian. 2020. “Pendampingan dan Kecakapan Guru Dalam Inovasi Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19”. Jurnal Pengabdian AlIklas, 6(2) : 238-248.

Downloads

Published

2021-10-04

Issue

Section

Articles