Pelatihan Penggunaan Aplikasi Animaker Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Selama Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31537/dedication.v5i2.530Keywords:
Animaker, covid-19, belajar dari rumah, media pembelajaranAbstract
Selama pandemic covid-19, guru-guru di Kabupaten Kudus banyak yang merasa kesulitan dalam mengembangkan media interaktif yang dapat digunakan oleh siswa untuk mendukung belajar dari rumah. Tim pengabdian berupaya memberikan solusi membuat pelatihan penggunaan aplikasi animaker sebagai media pembelajaran interaktif di era pandemi covid-19. Program kegiatan ini ditujukan kepada 230 guru dengan menggunakan aplikasi zoom yang tujuannya memberikan pengetahuan dan praktik serta membantu para guru dalam 1) Pemanfaatan TIK dalam kegiatan pembelajaran selama pandemic covid-19; dan 2) teknik pengembangan dan penggunaan aplikasi animaker sebagai media pembelajaran interaktif di era pandemi covid-19. Tahapan pengabdian yaitu perencanaan, pelaksanaan, follow-up dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu guru-guru di Kabupaten Kudus dapat: 1) memperoleh informasi dan pengetahuan tentang pemilihan strategi dalam proses pembelajaran sekaligus pembuatan media pembelajaran selama pandemic covid-19; 2) menerapkan aplikasi animaker sebagai software alternative untuk membuat media pembelajaran; dan 3) membuat media pembelajaran yang mampu menarik minat anak untuk belajar.
References
Andriani, T. 2015. “Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sosial Budaya”. Media Komunikasi Ilmu- Ilmu Sosial dan Budaya, 12(1).
Baisa, I.R. 2010. Pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis web terhadap keterampilan berpikir kritis dan kemampuan konitif siswa Kelas V SD Islam Sabilillah Malang. Tesis. Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Malang. Diakses di http://karyailmiah.um.ac.id./index.php/%20disertasi/article/view/5763. (diakses 24 September 2017).
Halidi, Mahmud, H., Sarjan, N., Husain., dan Saehana, S. 2015. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis TIK Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Model Terpadu Madani Palu”. e-Jurnal Mitra Sains, 3(1): 53-60.
Herliandry, L. D, dkk. 2020. “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22 (1): 65-70.
Oktaria, I. 2012. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis mirosoft powerpoint untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas III SDN Cemorokandang 2 Malang. Skripsi. Program Studi PGSD, Universitas Negeri Malang. Diakses di http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=55985. (diakses 17 September 2017).
Pratama, L. D., Lestari, W. dan Astutik, I. 2020. “Efektifitas Penggunaan Media Edutainment Di Tengah Pandemi Covid-19”. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 9 (1): 413-423.
Winarni, Endang Widi. 2012. “Penggunaan Value Clarification Dengan Media Computer Assisted Instruction (CAI) Untuk Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Sikap Ilmiah, Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar (SD)”. Jurnal Exacta, 10(2): 106-110.