Pelatihan Digital Leadership 4.0 Bagi Pengurus OSIS SMKN 2 DEPOK

Authors

  • Vivid Dekanawati Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta
  • Ningrum Astriawati Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta
  • Prasetya Sigit Santosa Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta
  • Ireneus Bertho Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31537/dedication.v5i2.529

Keywords:

Digital, leadership 4.0, OSIS

Abstract

Leadership adalah tentang sosok penentu yang dapat membuat orang lain terinspirasi untuk melakukan suatu pekerjaan dan memajukan suatu organisasi. Sekolah merupakan sebuah institusi lembaga terorganisasi yang didalamnya ada aktivitas pembelajaran dan tempat untuk belajar berorganisasi. OSIS merupakan salah satu  wadah dalam organisasi siswa yang resmi berada pada sekolah tersebut dan tempat untuk belajar mengenai leadership. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini mempunyai tujuan untuk memberikan pengetahuan  dan membuka wawasan baru tentang konsep digital leadership 4.0 bagi pengurus OSIS SMKN 2 Depok, Sleman. Metode Pelaksanaan PKM ini menggunakan metode pelatihan yang disertai dengan pre-test  dan post-test. Hasil evaluasi dari kegiatan PKM ini adalah secara keseluruhan pengetahuan tentang konsep digital leadership 4.0 bagi pengurus OSIS SMKN 2 Depok mengalami kenaikan sebesar 57%, dengan rata-rata hasil pre-test sebesar 28% dan rata-rata hasil post-test sebesar 85%.

References

Ackoff, R. L. 1999. Transformational leadership. In Strategy & Leadership. https://doi.org/10.1108/eb054626
Amalia, S. 2018. "Reformasi Birokrasi 4.0?: Strategi Menghadapi Revolusi Industri 4.0". Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja Dan Administrasi Pelayanan Publik, https://doi.org/10.31845/jwk.v21i2.133
Aris Sarjito. 2019. MODEL KEPEMIMPINAN DIGITAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. MODEL KEPEMIMPINAN DIGITAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.
Fredimento, A., Hoban, N., & Bito, G. S. 2020. "PKM LATIHAN KEPEMIMPINAN TINGKAT DASAR BAGI PENGURUS OSIS DAN PENGURUS KELAS SMA NEGERI WELAMOSA". Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, https://doi.org/10.37478/mahajana.v1i1.712
Haryanto. 2017. "Pengertian pendidikan menurut para ahli". Jurnal Ilmiah Kesehatan.
Julaiha, S. 2019. "Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah". Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.1734
Ramaditya, M., Effendi, S., & Faruqi, F. 2020. "Pelatihan Kepemimpinan Dan Pembinaan Untuk Meningkatkan Kemampuan Para Pengurus OSIS SMA Dan SMK Negeri Di Jakarta Utara". Celebes Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.37541/celebesabdimas.v2i2.446
Sandi, Q. 2019. KEPEMIMPINAN VISIONER DALAM PENDIDIKAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Prosiding Seminar Intersnasional.
Satya, V. E. 2018. Strategi Indonesia Menghadapi Industri 4.0. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI.
Spillane, J. P., Halverson, R., & Diamond, J. B. 2004. "Towards a theory of leadership practice: A distributed perspective". In Journal of Curriculum Studies. https://doi.org/10.1080/0022027032000106726.

Downloads

Published

2021-10-03

Issue

Section

Articles