Pendampingan Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Al-Qur’an Dimasa Pandemi Covid-19

Authors

  • Lailatul Mauludiyah Universitas Muhammadiyah Malang
  • Moh. Ainur Roziqi Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31537/dedication.v5i2.528

Keywords:

Kurikulum, Manajemen, PAUD, Pandemi

Abstract

Manajemen sekolah harus selalu dipegang oleh kepala sekolah untuk mengambangkan sebuah sekolah yang unggul dan berkemajuan. Manajemen sekolah yang tepat nantinya akan berimpas pada kenyamanan orang tua dan peserta didik dalam menimba ilmu. PAUD Al-Qur’an Baiturrahman rujukan bagi orang tua di kawasan perumahan Bukit Cemara Tidar (BCT) Kota Malang untuk mencetak hafizhoh di usia dini. Kegiatan ini juga dilatarbelakangi dengan kegelisahan orang tua yang kesulitan ketika mendampingi belajar anak usia dini di masa pandemi ini.  Kegiatan yang dilakukan adalah; (1) mengadakan workshop pendampingan menghafal Al-Qur’an untuk anak usia dini, dengan pemateri adalah praktisi dibidang pendampingan Al-Qur’an. Target dari kegiatan ini, sekolah menyampaikan materi hafalan gerakan gerak tikror kepada orang tua dan orang tua menyampaikan dengan metode yang sesuai dengan kondisi anak masing – masing di rumah, (2) Pembuatan buku hubung, sebagai media penghubung antara orang tua dan guru tentang laporan perkembangan hafalan, kognitif, serta motorik anak selama di rumah. Solusi tersebut mempermudah guru dalam membuat laporan perkembangan peserta didik di akhir semester.

References

Ahsani, E. L. F. 2020. “Strategi Orang Tua dalam Mengajar dan Mendidik Anak dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19”. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 3(1): 37–46.
Atiqoh, L. N. 2020. “Respon Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19”. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1): 45–52.
Buchori, B. 2019. “Pengaruh Standar Operasional Prosedur (SOP) Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan PT. Indomobil Finance Lampung Timur”. Journal Dinamika STIE Lampung, 5(2): 142–162.
Cahyati, N., & Kusumah, R. 2020. “Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19”. Jurnal Golden Age, 4(01): 152–159.
I Ketut Sudarsana. 2017. “Membentuk Karakter Anak Sebagai Generasi Penerus Bangsa Melalui Pendidikan Anak Usia Dini”. PURWADITA, 1(1).
Ida Rindaningsih. 2012. “Pengembangan Model Manajemen Strategik Berbasis (Beyond Center and Circle Time) BCCT Pada PAUD”. Pedagogia, 1(2): 213.
KEBUDAYAAN, M. P. D. A. N., & INDONESIA, R. 2020. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).
Lilawati, A. 2020. “Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1): 549–558.
M. Syahran Jailani. 2014. “Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini”. Nadwa?:Jurnal Pendidikan Islam, 8(2): 245.
Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ndeot, F., Jaya, P. R. P., & Palmin, B. 2020. “Pelatihan Membuat Buku Penghubung Di PAUD Wejang Asih”. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 28–37.
Wisjnu Martani. 2012. “Metode Stimulasi dan Perkembangan Emosi Anak Usia Dini”. JURNAL PSIKOLOGI, 39(1): 113.
Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. 2020. “Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2): 1138–1150.

Downloads

Published

2021-10-03

Issue

Section

Articles