Workshop Teknologi Pangan Dengan Pengolahan Tanaman Siwalan Dengan Metode Flipped Classroom Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Idha Karyati SMK Negeri 2 Tuban

DOI:

https://doi.org/10.31537/dedication.v5i1.447

Keywords:

Teknologi pangan, pengolahan pangan, Covid-19

Abstract

Peranan masyarakat diharapkan bisa membantu program stay home, dan untuk siswa XI TBG1 bisa melakukan kegiatan dirumah dengan memanfaatkan tanaman kearifan lokal siwalan melalui sain dan teknologi pangan. Penerapan pembelajaran sains dan teknologi pangan pada materi fusion food melalui pemanfaatan siwalan, menjadi olahan nugget, bakso, krupuk, teknologi melalui proses pembuatan siwalan sebagai makanan alternatif untuk siaga darurat Covid-19, serta pemanfaatan siwalan sebagai tanaman kearifan lokal dalam membuat produk melalui penerapan stay at home. Selama penerapan stay at home tidak ada kendala yang signifikan. Kelemahan  yang ada hanya  pada jaringan internet dan  daya beli paket data. Semua  produk dikerjakan dirumah karena bahan mudah di dapat  dan cara membuatnya mudah, namun pelu adanya kerjasama dengan dinas yang terkait dalam membuat makana alternatif siaga Covid-19.

References

Arikunto, S. 2009. Manajemen Penelitian (10th ed.). Jakarta: rajawali pers.
Dahrul, S. 2011. Pengantar Teknologi Pangan. Bogor: IPB Press.
Evayanti, D. 2020. (Online). Efektivitas Pembelajaran Melalui Metode Daring (online) Dalam Masa Darurat Covid-19. (https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/efektivitas-pembelajaran-melalui-metode-daring-online-dalam-masa-darurat-covid-19/).
Fadli, A. 2020. Mengenal COVID-19 dan Cegah Penyebarannya Dengan “ Peduli lingkungan”Aplikasi Berbasis Android. Pengabdian Kepada Masyarakat Teknik Elektro, (April).
Handayani, D. 2020. Multi-drug resistant tuberculosis. CPD Infection, 3(1): 119.
Hariyadi, S., Corebima, A. D., Zubaidah, S., & Ibrohim. 2017. The Comparison of the Question Types in the RQA (Reading, Questioning, and Answering) Learning Model and Conventional Learning Model. Journal of Humanities Social Sciences and Education, 4(7): 10–18. (https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20431/2349-0381.0407002).
Hasna.,L.Z. 2019. Pengaruh Penambahan Gula Pasir Sukrosa Pada Buah Aren (Arenga pinnata) Terhadap Kandungan Gizi Manisan Kolang Kaling. Food Tech Journal Teknologi Pangan, 1(2): 12–20.
Herlindayana, Sahlan, & Albert. 2017. The Effect Of Flipped Classroom On Students ’ Reading Comprehension. Journal of Language Education and Educational Technology, 2(1): 1–16.
Johnson, G. B. 2013. (Online). Student perceptions of the Flipped Classroom. (http://hdl.handle.net/2429/44070).
Lely,.I., Basuki, & Priawasa, E. 2017. Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Pertahanan Pangan Rumah Tangga Masyarakat Nelayan Kecamatan Puger. Agribest, 01(02): 201–212. (http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/AGRIBEST/article/view/1158/916).
Priawasana, E., Degeng, I. N. S., Utaya, S., & Kuswandi, D. 2020. An Experimental Analysis on the Impact of Elaboration Learning on Learning Achievement and Critical Thinking. Universal Journal of Educational Research, 8(7): 3274–3279. (https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080757).
Purnamasari, D. M. 2020. (Online). PP Pembatasan Sosial Berskala Besar Dibuat agar Pemerintah dan Gugus Tugas Bisa Lebih Tegas dan Disiplin. (https://nasional.kompas.com/read/2020/04/02/04580071/pp-pembatasan-sosial-berskala-besar-dibuat-agar-pemerintah-dan-gugus-tugas).
Riskianingrum, D. 2013. Penanganan Bencana Dan Transformasi Pengetahuan Tentang Kegempaan Di Masa Kolonial. Paramita: Historical Studies Journal, 23(1): 1–13. (https://doi.org/10.15294/paramita.v23i1.2492).
Suharini, E., S, D. L., & Kurniawan, E. 2017. Pembelajaran Kebencanaan Bagi Masyarakat Di Daerah Rawan Bencana Banjir Das Beringin Kota Semarang. Forum Ilmu Sosial, 42(2): 184–195. (https://doi.org/10.15294/fis.v42i2.10143).
Syarbini, H. 2013. Bakery Metagraf, Creative Inprint. Surakarta: tiga serangkai.
Tucker. 2012. The Flipped Classroom. Jurnal Education Next, 12(1): 82–83. (https://www.educationnext.org/the-flipped-classroom/).
William,W. 2015. (Online). KULINER SEBAGAI IDENTITAS BUDAYA. (https://www.infobudaya.net/2015/03/william-wongso-kuliner-sebagai-identitas-budaya/).
Zaki. 2019. (Online). Pengertian Sains | Arti, Definisi, Tujuan, dan Hakikat Ilmu Sains. (https://www.seluncur.id/pengertian-sains/).

Downloads

Published

2021-03-30

Issue

Section

Articles