Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Moda Daring Bagi Guru SMA Kota Surabaya Pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31537/dedication.v4i2.358Keywords:
Moda Daring, Pandemi Covid-19, Penulisan Artikel Ilmiah, WorkshopAbstract
Masih banyak guru berpangkat IV/a yang masih mengalami kesulitan untuk kenaikan pangkat berikutnya karena adanya persyaratan menullis karya tulis ilmiah. Para guru kurang pengetahuan dan kemampuan tentang pembuatan karya tulis ilmiah. Diperkuat adanya tantangan dan masalah yang dihadapi oleh guru terkait berlakunya Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, yang mencantumkan syarat jika naik pangkat harus memiliki publikasi ilmiah. Masalah ini juga berdampak pada Guru SMA di Kota Surabaya yang masih banyak terhambat kenaikan pangkatnya karena tidak bisa menulis artikel di jurnal ilmiah. Kota Surabaya mulai menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Ini juga berdampak pada pelatihan atau workshop tidak bisa diadakan secara face-to-face. Hal tersebut telah menjadi masalah serius dan perlu alternatif solusi agar kualitas guru SMA di kota Surabaya tidak mengalami penurunan, khususnya keterampilan menulis artikel di jurnal nasional. Oleh karena itu, Gugus Kerjasama, Publikasi, dan Internasionalisai (KPI) Pascasarjana Univeristas Negeri Surabaya (Unesa) memberikan kontribusi positif dan nyata kepada guru SMA di kota Surabaya melalui Kegiatan Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Moda Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Kegiatan ini terbukti dapat meningkatkan kualitas dari keterampilan menulis artikel ilmiah.
References
Etkina, E. 2010. Pedagogical content knowledge and preparation of high school physics teachers. Physical Review Physics Education Research, 6(2), p. 1-26.
Gunawan, I., Triwiyanto, T., dan Kusumaningrum, D.E. 2018. Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi para guru sekolah menengah pertama. ABDIMAS PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), p. 128-135.
Ibda, H. 2018. Penguatan literasi baru pada guru madrasah ibtidaiyah dalam menjawab tantangan era revolusi industri 4.0. JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, I, p. 1–21.
Ibda, H. 2019. Pembelajaran bahasa indonesia berwawasan literasi baru di perguruan tinggi dalam menjawab tantangan era revolusi industri 4.0. Jalabahasa, 15(1), p. 48-64.
Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, & Ramadhan, S. 2019. Literasi baca tulis dan inovasi kurikulum bahasa. Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 5(1), p. 108-118.
Liswati, T.W. 2020. Blended Formula Four Di (4D) with actor network theory to increases the outcome of literacy culture. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 1(1), p. 30-38.
Muslimin. 2018. Foster a culture of literacy through increased reading interest in village communities. Cakrawala Pendidikan, 37(1), p. 107-118.
Nilsson, P. and Loughran, J. 2012. Exploring the development of pre-service science elementary teachers’ pedagogical content knowledge. Journal of Science Teacher Education, 23(7), p. 699-721.
Odegaard, M., Haug, B., Mork, S., & Sorvik, G.O. 2014. Budding science and literacy. A classroom video study of the challenges and support in an integrated inquiry and literacy teaching model. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 167, p. 274-278.
OECD. 2015. Education in Indonesia: Rising to the Challenge. Paris: OECD Publishing.
Purwaningsih, E., Wasis, Suyatno, and Nurhadi, D. 2018. Innovative lesson study (LS) to improve the pedagogical content knowledge (PCK) of STEM teacher candidates in Indonesia. Global Journal of Enginerring. Education. 20(1), p. 39-47.
Shulman, L. 1987. Knowledge and teaching: foundations of the new reform. Harvard Educational Review, 57(1), p. 1-23.
Suandi, I.N. 2008. Gerakan menulis karya ilmiah (sebuah upaya peningkatan profesionalisme guru). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA, 41(1), p. 510-531.
Suryaman, M. 2015. Analisis hasil belajar peserta didik dalam literasi membaca melalui studi internasional (PIRLS) 2011. Jurnal LITERA, 14(1), p. 170-186.
van Driel, J.H. and Berry, A.K. 2017. Developing Pre-Service Teachers’ Pedagogical Content Knowledge. In: Clandinin, D. J. and Husu, J. (Eds), The SAGE Handbook of Research on Teacher Education. California: Sage Publications Inc.
Waldfogel J. 2012. The role of out-of-school factors in the literacy problem. The Future of Children, 22(2), p. 40-54.
Wandasari, Y. 2017. Implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) sebagai pembentuk pendidikan karakter. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 1(1), p. 325-342.
Williams, J., and Lockley, J. 2012. Using CoRes to develop the pedagogical content knowledge (PCK) of early career science and technology teachers. Journal of Technology Education, 24(1), p. 34-53.