Optimalisasi Penggunaan Media Daring dalam Pelatihan Bahasa Inggris Bidang Pelayanan Untuk Para Pengemudi Taksi di Desa Sanur Bali

Authors

  • Dewa Ayu Kadek Claria Universitas Warmadewa
  • I Gusti Ngurah Adi Rajistha Rajistha Universitas Warmadewa

DOI:

https://doi.org/10.31537/dedication.v4i2.356

Keywords:

Daring, ESP, Bahasa Inggris Pelayanan, Pengemudi Taksi, Sanur

Abstract

Pengemudi taksi di Desa Sanur dituntut untuk memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang menunjang profesi mereka di bidang pariwisata. Bahasa Inggris yang dibutuhkan tersebut merupakan bahasa Inggris khusus untuk bidang pelayanan atau dikenal dengan istilah English for Hospitality. Jam kerja pengemudi taksi yang tidak teratur menyebabkan adanya kendala dalam pelatihan bahasa Inggris secara konvensional sehingga pelatihan bahasa Inggris menggunakan metode daring merupakan jawaban dari permasalahan tersebut. Pelatihan bahasa Inggris ini ditunjang dengan pemberian buku materi yang dapat dijadikan pedoman dalam pembelajaran secara mandiri. Metode pelatihan daring dilakukan dengan menggunakan beberapa aplikasi yang telah disediakan di Google Playstore sebagai media penunjang pelatihan lainnya. Dengan adanya pelatihan menggunakan metode daring yang dipadukan dengan buku materi ajar membawa hasil yang sangat positif yaitu meningkatnya kemampuan berbahasa Inggris dan penggunaan teknologi oleh para pengemudi taksi. Hasil dari pelatihan ini yang berupa buku materi juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum dan mahasiswa dalam pelajaran English for Spesific Purposes bidang pariwisata.

References

Bhar, S.K., Bakar, N.A, & Eng, C.Y. 2012. Language Barriers: Feedback from the IT Industry. Journal of Technical Education & Training, p. 9-20.
Hutchinson, T., & Waters, A. 1987. English for Spesific Purpose. New York: Cambridge University Press.
Riyana, C. 2010. Peningkatan Kompetensi Pedagogis Guru Melalu Penerapan Model Education Centre of Teacher Interactive Virtual. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1).
Thadphoothon, J. 2018. Affecting Thai Taxi Drivers’ English Competence. International Journal of Education & Liter Ary Studies.
Wiyono, K. 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis ICT pada Implemetasi Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(2), p. 123-131.

Downloads

Published

2020-10-12

Issue

Section

Articles