Peran Digitalisasi dalam Transformasi dan Pemberdayaan UMKM di Desa Patemon pada Era Ekonomi Digital
DOI:
https://doi.org/10.31537/dedication.v9i2.2615Keywords:
UMKM, branding digital, literasi digital, digitalisasiAbstract
Perkembangan era digital yang pesat memberikan peluang yang besar bagi UMKM di Desa Patemon, Kabupaten Jember, untuk memperluas jangkauan pasar serta menaikan daya saing. Namun, beberapa hal seperti rendahnya literasi digital, keterbatasan modal, dan kurangnya pemahaman tentang brand identity menjadi hambatan utama untuk memanfaatkan hal tersebut. Melalui program pengabdian masyarakat, tim kami melakukan pendampingan terhadap UMKM berupa pelatihan literasi digital, pembuatan konten visual, optimalisasi marketplace, serta penguatan brand identity melalui kemasan dan katalog digital. Hasilnya, omzet rata-rata meningkat 20–35% dan engagement naik hingga 40%, sekaligus membuka pasar hingga luar daerah. Evaluasi menegaskan bahwa konsistensi dalam branding digital dan dukungan berkelanjutan sangat penting agar UMKM dapat mandiri. Dengan demikian, digitalisasi bukan sekadar tren, melainkan strategi transformatif untuk pemberdayaan UMKM
References
Davis, F. D. 1986. A technology acceptance model for empirically testing new end-user information systems: Theory and results [Doctoral dissertation, MIT Sloan School of Management]. DSpace@MIT.
Desa Adi Luhur. 2025. Tantangan ekonomi digital bagi UMKM di pedesaan. Desa Adi Luhur. https://www.adiluhur-mesuji.desa.id/artikel/2025/7/31/tantangan-ekonomi-digita l-bagi-umkm-di-pedesaan
GOnews.id. 2025. Strategi branding UMKM di era digital. GOnews.id. https://www.gonews.id/strategi-branding-umkm-di-era-digital/
INDEF. 2024. Peran platform digital terhadap pengembangan UMKM di Indonesia. INDEF. https://indef.or.id/wp-content/uploads/2024/01/Laporan-Final-Peran-Platform-Di gital-Terhadap-Pengembangan-UMKM-di-Indonesia-INDEF.pdf
Izin.co.id. 2024. 6 Program pemerintah untuk pemberdayaan UMKM Indonesia. Izin.co.id. https://izin.co.id/indonesia-business-tips/2024/11/07/program-pemerintah-untuk- umkm/
Juwita, D., & Handayani, A. N. 2022. Peluang dan tantangan digitalisasi UMKM terhadap pelaku ekonomi di era society 5.0. UM, 2(5), 249–255. https://doi.org/10.17977/um068v2i52022p249-255
Kadin Indonesia. (n.d.). UMKM Indonesia. Kadin Indonesia. https://kadin.id/data-dan-statistik/umkm-indonesia/
Kementerian Komunikasi dan Informatika. 2025a. UMKM go digital tingkatkan omzet dan ekspor ke pasar global. Kementerian Komunikasi dan Informatika. https://www.komdigi.go.id/berita/siaran-pers/detail/nezar-patria-umkm-go-digita l-tingkatkan-omzet-dan-ekspor-ke-pasar-global
Kementerian Komunikasi dan Informatika. 2025b. UMKM Indonesia makin kuat: Program Level Up 2024 siap dorong digitalisasi bisnis. Kementerian Komunikasi dan Informatika. https://www.komdigi.go.id/berita/ekonomi digital/detail/umkm-indonesia-makin-kuat-program-level-up-2024-siap-dorong-digitalisasi-bisnis
Kompasiana. 2024. Kurangnya pengetahuan digital pada UMKM menjadi tantangan dalam era digital. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/rifkyaryo3883/66dda373c925c45a834adf73/kuran gnya-pengetahuan-digital-pada-umkm-menjadi-tantangan-dalam-era-digital
OY! Indonesia. (n.d.). 5 Tantangan dalam digitalisasi UMKM. OY! Indonesia. https://www.oyindonesia.com/id/blog/lima-tantangan-dalam-digitalisasi-umkm
Radar Bromo. 2021. Sale pisang UMKM Probolinggo tembus pasar berbagai daerah. Radar Bromo. https://radarbromo.jawapos.com/kraksaan/1001620075/sale-pisang-umkm-probo linggo-tembus-pasar-berbagai-daerah
Telkomsel. 2023. Digital Branding untuk UMKM: Strategi Membangun Merek di Era Digital. Telkomsel Enterprise. https://www.telkomsel.com/enterprise/insight/blog/digital-branding-umkm
Telkomsel. 2024. Pentingnya digital branding untuk UMKM. Telkomsel. https://www.telkomsel.com/enterprise/insight/blog/digital-branding-umkm
UNIKOM. 2025. Strategi branding produk untuk UMKM di era digital. UNIKOM. https://web.unikom.ac.id/strategi-branding-produk-untuk-umkm-di-era-digital-m embangun-identitas-yang-kuat-dalam-persaingan-global/
Wijaya, V. I., Kusnadi, Yaqin, M. A., Muzamil, A., Fathorrosi, Fadilah, N. R., & Fauzi, A. (Eds.). 2022. Prosiding Seminar Hi-Tech: Health, Humanity, Technology (Vol. 1, No. 1) [Prosiding]. Universitas Nurul Jadid. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/hitech
KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN REPUBLIK
INDONESIA. 2025. Pemerintah Dorong UMKM Naik Kelas, Tingkatkan Kontribusi terhadap Ekspor Indonesia