Peran Digitalisasi dalam Transformasi dan Pemberdayaan UMKM di Desa Patemon pada Era Ekonomi Digital

Authors

  • Kharisma Fayza Agyunika Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Julia Azizah Marshalena Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Davin Febrio Putra Universitas Jember
  • Ahmad Umar Muhajir Al Jufri Universitas Jember
  • M. Iqbal Ibrahim Hamdani Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/dedication.v9i2.2615

Keywords:

UMKM, branding digital, literasi digital, digitalisasi

Abstract

Perkembangan era digital yang pesat memberikan peluang yang besar bagi UMKM di Desa Patemon, Kabupaten Jember, untuk memperluas jangkauan pasar serta menaikan daya saing. Namun, beberapa hal seperti rendahnya literasi digital, keterbatasan modal, dan kurangnya pemahaman tentang brand identity menjadi hambatan utama untuk memanfaatkan hal tersebut. Melalui program pengabdian masyarakat, tim kami melakukan pendampingan terhadap UMKM berupa pelatihan literasi digital, pembuatan konten visual, optimalisasi marketplace, serta penguatan brand identity melalui kemasan dan katalog digital. Hasilnya, omzet rata-rata meningkat 20–35% dan engagement naik hingga 40%, sekaligus membuka pasar hingga luar daerah. Evaluasi menegaskan bahwa konsistensi dalam branding digital dan dukungan berkelanjutan sangat penting agar UMKM dapat mandiri. Dengan demikian, digitalisasi bukan sekadar tren, melainkan strategi transformatif untuk pemberdayaan UMKM

References

Davis, F. D. 1986. A technology acceptance model for empirically testing new end-user information systems: Theory and results [Doctoral dissertation, MIT Sloan School of Management]. DSpace@MIT.

Desa Adi Luhur. 2025. Tantangan ekonomi digital bagi UMKM di pedesaan. Desa Adi Luhur. https://www.adiluhur-mesuji.desa.id/artikel/2025/7/31/tantangan-ekonomi-digita l-bagi-umkm-di-pedesaan

GOnews.id. 2025. Strategi branding UMKM di era digital. GOnews.id. https://www.gonews.id/strategi-branding-umkm-di-era-digital/

INDEF. 2024. Peran platform digital terhadap pengembangan UMKM di Indonesia. INDEF. https://indef.or.id/wp-content/uploads/2024/01/Laporan-Final-Peran-Platform-Di gital-Terhadap-Pengembangan-UMKM-di-Indonesia-INDEF.pdf

Izin.co.id. 2024. 6 Program pemerintah untuk pemberdayaan UMKM Indonesia. Izin.co.id. https://izin.co.id/indonesia-business-tips/2024/11/07/program-pemerintah-untuk- umkm/

Juwita, D., & Handayani, A. N. 2022. Peluang dan tantangan digitalisasi UMKM terhadap pelaku ekonomi di era society 5.0. UM, 2(5), 249–255. https://doi.org/10.17977/um068v2i52022p249-255

Kadin Indonesia. (n.d.). UMKM Indonesia. Kadin Indonesia. https://kadin.id/data-dan-statistik/umkm-indonesia/

Kementerian Komunikasi dan Informatika. 2025a. UMKM go digital tingkatkan omzet dan ekspor ke pasar global. Kementerian Komunikasi dan Informatika. https://www.komdigi.go.id/berita/siaran-pers/detail/nezar-patria-umkm-go-digita l-tingkatkan-omzet-dan-ekspor-ke-pasar-global

Kementerian Komunikasi dan Informatika. 2025b. UMKM Indonesia makin kuat: Program Level Up 2024 siap dorong digitalisasi bisnis. Kementerian Komunikasi dan Informatika. https://www.komdigi.go.id/berita/ekonomi digital/detail/umkm-indonesia-makin-kuat-program-level-up-2024-siap-dorong-digitalisasi-bisnis

Kompasiana. 2024. Kurangnya pengetahuan digital pada UMKM menjadi tantangan dalam era digital. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/rifkyaryo3883/66dda373c925c45a834adf73/kuran gnya-pengetahuan-digital-pada-umkm-menjadi-tantangan-dalam-era-digital

OY! Indonesia. (n.d.). 5 Tantangan dalam digitalisasi UMKM. OY! Indonesia. https://www.oyindonesia.com/id/blog/lima-tantangan-dalam-digitalisasi-umkm

Radar Bromo. 2021. Sale pisang UMKM Probolinggo tembus pasar berbagai daerah. Radar Bromo. https://radarbromo.jawapos.com/kraksaan/1001620075/sale-pisang-umkm-probo linggo-tembus-pasar-berbagai-daerah

Telkomsel. 2023. Digital Branding untuk UMKM: Strategi Membangun Merek di Era Digital. Telkomsel Enterprise. https://www.telkomsel.com/enterprise/insight/blog/digital-branding-umkm

Telkomsel. 2024. Pentingnya digital branding untuk UMKM. Telkomsel. https://www.telkomsel.com/enterprise/insight/blog/digital-branding-umkm

UNIKOM. 2025. Strategi branding produk untuk UMKM di era digital. UNIKOM. https://web.unikom.ac.id/strategi-branding-produk-untuk-umkm-di-era-digital-m embangun-identitas-yang-kuat-dalam-persaingan-global/

Wijaya, V. I., Kusnadi, Yaqin, M. A., Muzamil, A., Fathorrosi, Fadilah, N. R., & Fauzi, A. (Eds.). 2022. Prosiding Seminar Hi-Tech: Health, Humanity, Technology (Vol. 1, No. 1) [Prosiding]. Universitas Nurul Jadid. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/hitech

KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN REPUBLIK

INDONESIA. 2025. Pemerintah Dorong UMKM Naik Kelas, Tingkatkan Kontribusi terhadap Ekspor Indonesia

Downloads

Published

2025-09-21

Issue

Section

Articles