Sekolah Sebagai Benteng Toleransi: Melalui Sosialisasi Pencegahan Intoleransi Di Lembaga Pendidikan

Authors

  • Galuh Mulyawan Universitas Bina Bangsa
  • Hilda Mulda Ningsih Universitas Bina Bangsa
  • Fabio Alfin Rizki Universitas Bina Bangsa
  • Khusaeni Universitas Bina Bangsa
  • Zakia Ari Kinanti Universitas Bina Bangsa
  • Mira Rizalia Hendriani Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31537/dedication.v9i2.2597

Keywords:

intoleransi, toleransi, pendidikan karakter, sosialisasi

Abstract

Sekolah memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai toleransi guna mencegah tumbuhnya sikap intoleran di kalangan peserta didik. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap bahaya intoleransi dan pentingnya hidup dalam keberagaman. Kegiatan dilaksanakan di SMK Darul Ma’rifat dengan melibatkan 29 siswa kelas XI dan XII. Metode yang digunakan meliputi ceramah interaktif, diskusi kelompok, dan kuis untuk mengukur peningkatan pemahaman. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada pemahaman siswa, dari skor rata-rata pre-test sebesar 62% menjadi 86% pada post-test. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan sosialisasi yang komunikatif dan partisipatif efektif dalam membentuk kesadaran siswa mengenai pentingnya toleransi. Kegiatan ini sekaligus mendukung upaya pencegahan terhadap salah satu dari tiga dosa besar pendidikan, yaitu intoleransi. Diharapkan kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara berkelanjutan oleh sekolah

Downloads

Published

2025-09-21

Issue

Section

Articles